PENGGUNAAN FILM DAN BUKU PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA KELAS X AL-MULIM SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofah, Siti (2013) PENGGUNAAN FILM DAN BUKU PENDAMPING DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB : PENELITIAN PENGEMBANGAN DI SMA KELAS X AL-MULIM SIDOARJO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa ke dua atau Bahasa Asing bagi pelajar Indonesia, namun karena bahasa Arab adalah bahasa yang penting terutama bagi orang Islam, maka dari itu pelajaran bahasa Arab menjadi bahasa yang wajib dipelajari karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran. Mempelajari bahasa ke dua perlu membutuhkan metode dan media yang menarik bagi pelajar karena dengan media dan metode yang menarik pelajar akan mudah untuk memahami. Selama ini metode dan media yang digunakan oleh sekolah Al-Muslim Sidoarjo belum maksimal, oleh karena itu peneliti mencoba untuk menghadirkan metode dan media baru yang khusus untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dengan media materi pendamping yang berbentuk film kartun dan buku pendamping. Adapun rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan film dan buku pendamping dalam meningkatkan ketrampilan berbicara di kelas X SMA Al-Muslim Sidoarjo? 2.Sampai sejauh manakah efektifitas penggunaan film dan buku pendamping dalam meningkatkan ketrampilan berbicara di kelas X SMA Al-Muslim Sidoarjo? Berangkat dari masalah tersebut, peneliti mencoba untuk mendesain materi pendamping atau penunjang untuk kemahiran berbicara bahasa Arab, dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R n D). Setelah materi tersebut didesain penulis membawanya ke pakar pengajaran bahasa Arab untuk meminta saran dan masukannya terhadap materi tersebut, Kemudian penulis memperbaikinya dan memberikannya kepada guru mata pelajaran Bahasa Arab untuk dinilai dan dipraktekkan di lapangan untuk mengetahui nilai keefektifannya. Sebagai sampelnya peneliti mengambil seluruh siswa kelas X yang berjumlah 13 siswa, penelitian ini dilaksanakan didalam jam pelajaran. Adapun cara mengumpulkan data yang dipergunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket dan evaluasi atau tes. Dari hasil penelitian, Penulis mendapatkan data bahwa penerapan materi pendamping yang berbentuk film kartun dan buku pendamping dapat meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas X SMA Al-Muslim Sidoarjo dengan nilai 75% dari nilai awal 36,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Pengembangan; film dan buku pendamping; Kemahiran Berbicara Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2014
Last Modified: 28 Sep 2018 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item View Item