PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM DAWARBLANDONG MOJOKERTO MELALUI PERMAINAN AL-SUAL AL-MUSALSAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuroniyah, Maslahatun (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM DAWARBLANDONG MOJOKERTO MELALUI PERMAINAN AL-SUAL AL-MUSALSAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arabpada pokok bahasan (di perpustakaan) yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum pada kelas V belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna. Dengan menanggapi hal tersebut, maka dengan melaksanakan permainan Al-Sual al-Musalsal melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa MI Mifahul Ulum Dawarblandong Mojokerto.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1.Bagaimana penerapan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas V dengan permainan Al-Sual al-Musalsal di MI Miftahul Ulum Dawarblandong Mojokerto? 2. Bagaimana peningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas V MI Miftahul Ulum Dawarblandong Mojokerto dengan melalui Permainan Al-Sual al-Musalsal?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui permainan Al-Sual al-Musalsaldapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum Dawarblandong Mojokerto. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 77,98sedangkan siklus II sebesar 85,59. ketuntasan tes lisan siklus I sebesar 73,91%, sedangkan siklus II sebesar 91,30%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufik
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuroniyah, MaslahatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan Berbicara; Bahasa Arab; Permainan; Al-Sual al-Musalsal; Asal Muasal;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 01 Apr 2015 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10914

Actions (login required)

View Item View Item