PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN TEKNIK TES PERCAKAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI NAHDLATUL ULAMA KEDUNGCANGKRING SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Aizatul (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DENGAN TEKNIK TES PERCAKAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MI NAHDLATUL ULAMA KEDUNGCANGKRING SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Walinono (1992:7) mengemukakan bahwa dalam bahasa Indonesia teknik membaca dapat dikelompokkan menjadi beberapa, antara lain : membaca teknik, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca bahasa dan membaca dengan perasaan. Walinono juga menjelaskan bahwa tekanan atau perhatian utama membaca teknis di kelas tinggi adalah menyuarakan bacaan sesuai dengan ucapan, tekanan, nada, dan lagu kalimat dalam percakapan sehari-hari. Usaha yang dapat mengembangkan keterampilan membaca teknis secara wajar dan alamiah ialah membaca naskah percakapan atau drama.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah: a).Bagaimana penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan pembelajaran membaca teknik teks percakapan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelasV? b).Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca teknik teks percakapan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V menggunakan metode demonstrasi?
Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah :
1. untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan pembelajaran membaca teknis teks percakapan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Nahdlatul Ulama Kedungcangkring.
2. Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca teknis teks percakapan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Nahdlatul Ulama Kedungcangkring menggunakan metode demonstrasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Kedungcangkring Kab. Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012-2013. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,00%), siklus II (89,00%).
Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dalam membaca teknik teks percakapan Bahasa Indonesia memberi pengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Kedungcangkring Kab. Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012-2013, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abd. Kadir, M.A.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, AizatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: metode demonstrasi, teks percakapan, kemampuan membaca, bahasa indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10920

Actions (login required)

View Item View Item