PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V MI AL HIKMAH TANJUNGSARI TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyana, Erna (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V MI AL HIKMAH TANJUNGSARI TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya hasil belajar selalu diurutan paling bawah dibandingkan mata pelajaran lainnya. Padahal matematika memiliki peranan sangat strategis dalam berbagai kehidupan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasikkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan pembelajaran model kooperatif tipe STAD.
Rumusan masalah yang diajukan : 1)Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi luas bangun datar kelas V MI AL Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo? 2) Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi luas bangun datar kelas V MI AL Hikmah Tanjungsari Taman Sidoarjo?
Penelitian dilakukan di kelas V MI Al Hikmah Tanjungsari, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa : pembelajaran klasikal, pembelajaran kelompok, presentasi, evaluasi, dan penghargaan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan menggunakan instrument lembar observasi, dokumentasi dengan menggunakan instrument lembar dokumentasi dan tes tulis dengan menggunakan instrument lembar butir soal. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, pertemuan I untuk pembelajaran dan pertemuan II untuk tes hasil belajar siklus I dan II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai rata-rata 3,75 dengan kategori baik untuk aktivitas guru, sedangkan aktivitas siswa mencapai rata-rata 3,63 dengan kategori baik, (ii) peningkatan hasil belajar siswa selama penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai ketuntasan belajar sebesar 91,67% dengan rata-rata 80,13 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sihabudin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyana, ErnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2014
Last Modified: 04 Apr 2015 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item