ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH INKLUSI (MUTARA BUNDA) DITINJAU DARI BNSP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Almukaromiyah, Almukaromiyah (2013) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH INKLUSI (MUTARA BUNDA) DITINJAU DARI BNSP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (947kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, hak anak untuk memperoleh pendidikan dijamin penuh tanpa adanya deskriminasi termasuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Adapun pendidikan yang mengikutsertakan siswa berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan siswa normal dapat ditemui dalam konsep pendidikan inklusi. SD Mutiara Bunda merupakan salah satu sekolah yang menerapkan konsep pendidikan inklusi, yang mana dalam proses pembelajarannya didesain agar siswa berkebutuhan khusus maupun siswa normal dapat belajar bersama dengan baik. Dari pemaparan sebelumnya, timbul pertanyaan apakah pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang pembelajaran matematika yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengikuti konsep miles dan huberman. Untuk mengetahui keterlaksanaan standar proses dan standar penilaian dalam pembelajaran matematika yang dibuat oleh BSNP digunakan format check lish dengan skala prosentasi.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperolah data sebagai berikut: perencanaan pembelajaran di SD Mutiara Bunda sudah baik dengan prosentase 81,9%. Pelaksanaan pembelajaran di SD Mutiara Bunda juga terpenuhi dengan baik yakni 83,1%. Penilaian pembelajaran di SD Mutiara Bunda sangat baik dengan prosentase 93,1%. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya perencanaan dan pelaksanan pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda terpenuhi dengan baik, sedangkan penilaian pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda terpenuhi dengan sangat baik jika ditinjau dari standar BSNP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Almukaromiyah, AlmukaromiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Matematika; Sekolah Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item