ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTS HASYIM ASYARI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfa, Indana (2013) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTS HASYIM ASYARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) letak miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Certainty of Response Index (CRI), (2) faktor-faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-B MTs Hasyim Asyari dengan menggunakan metode tes dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sebagai alat pengumpul data telah digunakan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda beralasan yang disertai skala CRI sebanyak 5 soal. Siswa dalam menjawab soal diminta untuk memilih pilihan jawaban yang ada, serta diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya sesuai dengan tingkat kepercayaannya dalam menjawab soal-soal tersebut. Seorang siswa dapat dinyatakan mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Tepat tidaknya penganalisisan miskonsepsi siswa sangat bergantung kepada kejujuran siswa dalam mengisi skala CRI pada setiap soal.
Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) letak miskonsepsi yang dialami siswa meliputi: kekurangan pengetahuan (a lack of knowledge), menjawab benar dengan menebak (luck guess), miskonsepsi dan menguasai konsep dengan baik, (2) faktor menyebabkan miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel meliputi: kurangnya siswa latihan soal mengenai materi yang diajarkan untuk dapat mengembangkan pengetahuannya. Siswa kurang mengerti makna kata-kata, simbol-simbol dan istilah-istilah dalam soal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Kusaeri, M.Pd.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfa, IndanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Keywords: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), SPLDV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10943

Actions (login required)

View Item View Item