PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTON PADA MATERI SIFAT SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V MI NURUL HUDA NGLETIH PESANTREN KOTA KEDIRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santosa, Boedi (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTON PADA MATERI SIFAT SIFAT BANGUN DATAR DI KELAS V MI NURUL HUDA NGLETIH PESANTREN KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Salah satu karakteristik penting bagi guru yang berhasil adalah menguasai sejumlah ketrampilan mengajar, khususnya model model pembelajaran sebagai sarana untuk mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Selain harus menguasai model model pembelajaran, sebagai seorang guru juga diharuskan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sangat beraneka ragam. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan inovasi alat peraga. Seperti alat peraga karton yang akan digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode demonstrasi untuk melatih kognitif siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Nurul Huda Ngletih Pesantren Kota Kediri selama sepuluh jam pelajaran. Materi yang dipilih adalah sifat sifat bangun datar. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasidan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterlaksanaan sintask pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif prestasi siswa.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga karton dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa konsep mengenal sifat sifat bangun daftar di pelajaran matematika pada siswa kelas V. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata rata hasil belajar siswa, pada siklus I (82,5) dan siklus II (93,0).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga karton efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing -
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santosa, BoediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Alat peraga karton, peningkatan aktivitas siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10949

Actions (login required)

View Item View Item