PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS II MI. MIFTAHUL ULUM GONDANGREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Siti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS II MI. MIFTAHUL ULUM GONDANGREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penyebab rendahnya hasil belajar IPA yaitu dalam penyampaian pelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah yang mungkin dianggap para guru adalah metode paling praktis, mudah, dan efisien dilaksanakan tanpa persiapan. Dari 14 siswa yang mendapat nilai tuntas hanya 7 siswa (50%) dan 7 siswa (50%) mendapat nilai belum tuntas dengan KKM 70. Nilai rata-rata ulangan tes 67,85. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pendekatan Contextual Teaching and Leearning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Gondangrejo semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Evaluasi atau Observasi, 4) Refleksi. variabel bebas adalah hasil belajar IPA siswa kelas II MI. Miftahul Ulum Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab Pasuruan. variabel bebas yang berupa pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, metode tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II MI. Miftahul Ulum Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab Pasuruan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang pada kondisi awal tingkat
ketuntasan 50%, pada siklus I naik menjadi 71,43%, dan pada siklus II naik menjadi
100%. Selain itu, nilai rata-rata siswa juga mengalami kenaikan yaitu pada kondisi
awal 67,85, siklus I menjadi 73,92, dan pada siklus II menjadi 80

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Kadir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Bagian-Bagian Tumbuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2015 02:04
Last Modified: 24 Feb 2015 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item