LAYANAN GURU PEMBIMBING KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. SITI KHORRIYATUL KHOTIMAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Diyah Nihayatus (2013) LAYANAN GURU PEMBIMBING KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. SITI KHORRIYATUL KHOTIMAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Siswa autis yang bersekolah di sekolah dasar inklusi memerlukan seorang guru khusus yang dapat membantu mengatasi hambatan siswa, selain guru kelas dan guru mata pelajaran di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan yang diberikan guru pembimbing khusus dalam pembelajaran siswa autis di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan bentuk penelitian deskriptif. Dengan menghasilkan data berupa pengamatan dan wawancara terhadap subjek yang telah dipilih. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah Sekolah Dasar Negeri Percobaan (SDNP) Unesa Surabaya, sekolah dasar yang terletak di Jalan Sedati Km 2 Kompleks Kampus Unesa ini merupakan sekolah rintisan di bawah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah GPK sebanyak dua orang dan significant others juga berjumlah dua orang.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran guru pembimbing khusus di SDN Percobaan Unesa Surabaya sebagai guru khusus yang membimbing siswa ABK dengan tugas pokok sebagai berikut:
1) Mengembangkan dan memelihara kesepadanan optimal ABK dengan anak lain.
2) Menjaga agar kehadiran ABK tidak mengganggu pelaksanaan program pendidikan sekolah umum.
3) Mengembangkan dan meningkatkan program pendidikan inklusi.
4) Mengusahakan keserasian suasana pendidikan di sekolah dan di tengah-tengah keluarga anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Siti Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Diyah NihayatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Keywords: siswa autis, guru pembimbing khusus, sekolah dasar inklusi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11038

Actions (login required)

View Item View Item