This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sholihah, Diyah Nihayatus (2013) LAYANAN GURU PEMBIMBING KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. SITI KHORRIYATUL KHOTIMAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Siswa autis yang bersekolah di sekolah dasar inklusi memerlukan seorang guru khusus yang dapat membantu mengatasi hambatan siswa, selain guru kelas dan guru mata pelajaran di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan yang diberikan guru pembimbing khusus dalam pembelajaran siswa autis di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan bentuk penelitian deskriptif. Dengan menghasilkan data berupa pengamatan dan wawancara terhadap subjek yang telah dipilih. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah Sekolah Dasar Negeri Percobaan (SDNP) Unesa Surabaya, sekolah dasar yang terletak di Jalan Sedati Km 2 Kompleks Kampus Unesa ini merupakan sekolah rintisan di bawah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah GPK sebanyak dua orang dan significant others juga berjumlah dua orang.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah peran guru pembimbing khusus di SDN Percobaan Unesa Surabaya sebagai guru khusus yang membimbing siswa ABK dengan tugas pokok sebagai berikut:
1) Mengembangkan dan memelihara kesepadanan optimal ABK dengan anak lain.
2) Menjaga agar kehadiran ABK tidak mengganggu pelaksanaan program pendidikan sekolah umum.
3) Mengembangkan dan meningkatkan program pendidikan inklusi.
4) Mengusahakan keserasian suasana pendidikan di sekolah dan di tengah-tengah keluarga anak berkebutuhan khusus.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Siti Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Psikologi Islam | ||||||
Keywords: | siswa autis, guru pembimbing khusus, sekolah dasar inklusi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 08:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11038 |
Actions (login required)
View Item |