PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PEMILU PADA PELAJARAN PKn KELAS VI MI DARUL ULUM NGABAR JETIS MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Huda, M. Iqbaluddin (2014) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PEMILU PADA PELAJARAN PKn KELAS VI MI DARUL ULUM NGABAR JETIS MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Dengan semakin berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat terhadap sekolah terutama dalam peningkatan mutu pendidikan, sehingga menuntut guru untuk melakukan perubahan-perubahan di dalam metode mengajarnya. Melalui refleksi diri terhadap metode yang selama ini berupa ceramah diubah dengan metode menggunakan role playing.
Merealisasi tuntutan tersebut di atas, Guru menyadari dengan melalui penilaian diri sendiri sejauh mana metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar akan berdampak meningkatkan hasil belajar siswanya. Oleh karena itu, berbagai macam upaya yang dilakukan diantaranya mengadakan Penelitian Tindakan Kelas agar hasil belajar siswa meningkat tanpa anak merasa jenuh dan malas untuk belajar yaitu dengan mengajarkan anak dengan menggunakan suatu metode yaitu role playing.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus dengan menggunakan dua siklus. Siklus pertama : Proses Belajar Mengajar tanpa menggunakan metode ceramah. Sedangkan siklus kedua : Proses Belajar menggunakan role playing.
Dari kedua siklus di atas ternyata siklus yang kedua lebih efektif dan lebih menyenangkan anak dan hasilnya siklus yang kedua hasil belajar anak meningkat, dengan penelitian siklus I (68,28%) dan siklus II (86,21%). Hal ini menunjukkan bahwa anak lebih terangsang untuk belajar pendidikan kewarganegaraan, sehingga manfaatnya benar-benar meningkatkan hasil belajar anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Evi Fatimatur Rusydiyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Huda, M. IqbaluddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Role Playing; Pemahaman Siswa; Pemilu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2015 05:07
Last Modified: 25 Feb 2015 05:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item