Seni lukis kaligrafi Islam (Arab) dan dakwah Islamiyah: studi pemanfaatan seni kaligrafi Islam (Arab) sebagai media dakwah oleh seniman muslim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuad, Moh. Zainul (1995) Seni lukis kaligrafi Islam (Arab) dan dakwah Islamiyah: studi pemanfaatan seni kaligrafi Islam (Arab) sebagai media dakwah oleh seniman muslim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan yang diajukan adalah ingin mendapatkan informasi tentang lukisan kaligrafi Islam (arab) sebagai media dakwah agama Islam dan usaha-musaha yang dilakukan oleh seniman muslim Surabaya melalui karya-karyanya. Penelitian ini dilaksanakan ditempat tinggal seniman muslim tersebut, sumber data diperoleh melalui invorman dan sumber data tertulis. Sedang metode yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan prosedur memburu informasi sebanyak karakteristik elemen yang berkaitan dengan apa yang diketahui peneliti. Maka peneliti perlu standart informan tertentu atau dari situasi sosial tertentu untuk diwawancarai atau diofservasi yaitu melalui pelukis, kaligrafer, dan dari analis data diperoleh informasi bahwa lukisan kaligrafi Islam (arab) seniman muslim Surabaya mengandung nilai-nilai dakwah agama Islam. Baik secara langsung atau tak langsung, Beliau-beliau itu mengadakan pendekatan secara vertikal melalui ekspresi karya-karyanya. Sedangkan secara tidak langsung beliau juga berdakwah terhadap sesama manusia, dengan tujuan agar bisa hadir pada diri orang lain melalui lukisannya. Lukisan kaligrafi Islam (arab) suatu pengekspresian bebas dari pengalaman-pengalaman estetika seseorang yang menggunakan kalirafi Islam (arab) sebagai media ekspresi dan tidak terikat rumus-rumus baku penulisan yang telah ditentukan. Lukisan kaligrafi Islam (arab) sebagai media dakwah secara langsung atau tidak langsung dapat dicerna oleh penikmat baik pada pengertian tersurat atupun tersirat, dan pengekspresiaannya sesuai dengan etika dan estetika Islam. Lukisan kaligrafi seniman muslim Surabaya sebagai media dakwah merupakan ungkapan bentuk ekspresi bebas, dengan visualisasi kemiripan model khot yang ada delapan macam yang dipadu dengan unsur warna dan garis, ungkapan visualisasi sederhana dan rumit yang mempunyai kedalaman yang khas, karena sumber yang diangkat dari Al-Quran, Hadis, Doa-doa dan dilandasi dengan filosofi yang bermakna, bahwah sesunggmnya manusia itu kecil dimata Allah, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dari Allah. Buku khusus, yang membahas tentang lukisan kaligrafi Islam (arab) dan dakwah dengan media lukisan. Sehingga para informan mempunyai pendapat yang beraneka ragam, dan mempunyai pandangan sendiri-sendiri terhadap masalah ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuad, Moh. Zainul--138902181
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisor., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Materi
Keywords: Seni Kaligrafi; Islam; Media Dakwah; Seniman; Muslim Surabaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Mar 2014
Last Modified: 16 Apr 2020 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item View Item