HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 RENGEL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Siti Kholifatus (2016) HUBUNGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 RENGEL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Dengan perkembangan zaman pada saat ini, seorang pendidik harus biasa mengikuti perkembangan zaman dalam pembelajaran. Metode yang terdahulu seperti metode ceramah yang dilakukan oleh guru dirasa kurang efektif dalam proses pembelajaran.Menggunakan metode-metode yang tepat dan juga beragam, dengan menggunakan berbagai macam metode siswa juga dapat dengan mudah memahami pelajaran dan membuat siswa menjadi lebih aktif.memberikan metode yang sesuai dengan materi yang diberikan seingga lebih efektif dan efisien dalam menyampaikannya.Sebagai upaya pengembangan dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan variatif, maka dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran. Adapun yang diterapkan di SMP Negeri 2 Rengel, PAI baru dilaksanakan sebatas menggunakan metode yang lama belum begitu variatif. Maka perlu diterapkannya metode baru yaitu strategi pembelajaran berbasis masalah, agar peserta didik lebih memahami pelajaran dalam suasana yang lebih menyenangkan.Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang perlu dijawab, meliputi Bagaimana penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaranPAI, Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI, Bagaimana hubungan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Rengel.Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh berupa angka dari hasil perhitungan. Untuk menganalisis data tentang penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa menggunakan rumus prosentase dan rata-rata nilai angket, sedangkan analisis hubungan stategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar menggunakan rumus product moment.Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, penggunaan strategi pebelajaran berbasis masalah sudah cukup baik dalam penerapannya, dan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII E dan VIII A di SMP Negeri 2 Rengel. Dapat diperoleh bahwa hubungan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan motivasi belajar siswa adalah cukup, karena terdapat nilai dari hasil product moment adalah 0,565.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Siti Kholifatussitikholifatus47@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Strategi; motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sholihah Siti Kholifatus
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:49
Last Modified: 23 Aug 2016 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item View Item