Kemampuan berpikir aljabar siswa auditori dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik ditinjau dari kecemasan matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudhoh, Syahda Umroh (2016) Kemampuan berpikir aljabar siswa auditori dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik ditinjau dari kecemasan matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa pada setiap tingkat pendidikan. Berpikir aljabar merupakan suatu aktivitas mental yang bergantung pada enam jenis berpikir matematis lainnya diantaranya generalisasi, abstraksi, berpikir dinamik, berpikir analitik, pemodelan, dan organisasi. Siswa sering mengalami kecemasan dalam memecahkan masalah aljabar. Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan adalah dengan terapi musik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa auditori yang memiliki tingkat kecemasan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas VII SMP N 1 Rengel yang memiliki gaya belajar auditori yang berjumlah 3 orang. Peneliti menggunakan angket gaya belajar, TPM 1, dan angket kecemasan matematika untuk memilih subjek. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan memberi masalah matematika materi pola dan bilangan dengan diiringi musik kemudian mewawancarai subjek. Selanjutnya data tes dan wawancara setiap subjek penelitian dipaparkan, kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir aljabar yang diadaptasi dari jenis berpikir aljabar menurut Lew. Dari analisis data tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir aljabar siswa auditori yang memiliki tingkat kecemasan matematika tinggi dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik yaitu kurang pada (generalisasi, pemodelan, dan berpikir analitik) dan kemampuan baik pada (abstraksi, beprikir dinamik, dan pengorganisasian). 2) Kemampuan berpikir aljabar siswa auditori yang memiliki tingkat kecemasan matematika sedang dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik yaitu baik pada (generalisasi, berpikir dinamik, abstraksi, pemodelan, dan berpikir analitik), sedangkan pada pengorganisasian memiliki kemampuan cukup. 3) Kemampuan berpikir aljabar siswa auditori yang memiliki tingkat kecemasan matematika rendah dalam memecahkan masalah dengan diiringi musik yaitu baik pada semua jenis berpikir aljabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudhoh, Syahda Umroh--D34212062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUswah Sadieda, Lisanullisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Matematika
Keywords: Musik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mahfudhoh Syahda Umroh
Date Deposited: 24 Aug 2016 07:17
Last Modified: 02 Dec 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item View Item