TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD PELAYANAN PAKET PERAWATAN JENAZAH ONLINE DI KELURAHAN SUMBER REJO KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfa, Indana (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD PELAYANAN PAKET PERAWATAN JENAZAH ONLINE DI KELURAHAN SUMBER REJO KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya dengan judul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Pelayanan Paket Perawatan Jenazah Online di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalan dua rumusan masalah yaitu: bagaimana akad pelayanan paket perawatan jenazah online di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad pelayanan paket perawatan jenazah online di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya?Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah dengan cara editing, organizing, dan analizing. Dan untuk teknik analisis datanya menggunakan analisis secara deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu mendeskripsikan masalah yang diteliti yakni data-data tentang akad pelayanan paket perawatan jenazah online kemudian dianalisis menggunakan hukum Islam.Hasil penelitian di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya ini ditemukan bahwa akad pada pelayanan paket perawatan jenazah online di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya ini merupakan kombinasi akad antara jual beli barang (bay’) sekaligus jasa (ijarah) berupa ju’alah yang ada dalam satu transaksi. Keduanya merupakan akad tijarah yakni akad yang bersifat komersial dan bertujuan mencari keuntungan. Dan ketika pembeli layanan hanya membutuhkan perlengkapan jenazah saja, maka akad yang berlaku di dalamnya adalah akad jual beli. Sedangkan jika pembeli layanan hanya membutuhkan jasanya (ambulance jenazah, memandikan, mengkafani, dan menguburkan jenazah), maka akad yang berlaku adalah ijarah yang berupa ju’alah. Adapun jika dianalisis dengan hukum Islam, pelayanan paket perawatan jenazah online di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Pakal Kota Surabaya ini akadnya sah jika memenuhi rukun dan syarat yang ada pada akad bay’ maupun ijarah. Namun, meskipun terdapat unsur gharar (ketidakjelasan) terkait masalah harga, kualitas dan kuantitas yang tidak dicantumkan pada barang yang dijual, maupun upah yang akan dibayarkan, ketidakjelasan tersebut tidak mengakibatkan tidak sah (fasid) nya akad, karena tingkat gharar nya adalah ringan dan tidak berarti.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pembeli paket perawatan jenazah online seharusnya menanyakan hal-hal yang terkait dengan harga, kualitas, dan kuantitas barang yang diperjualbelikan, jika pembeli tidak ingin mengambil resiko kerugian karena ketidaksesuain dari harga, kualitas, dan kuantitas barang yang diperjualbelikan. Dan hendaknya owner membuat daftar harga yang terperinci serta prosedur pelayanan yang lebih jelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfa, Indanaizulazka0201@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Jual beli; akad; perawatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfa Indana
Date Deposited: 24 Aug 2016 05:00
Last Modified: 24 Aug 2016 05:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item