Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk melatihkan Penalaran Induktif pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX-2 SMP Bahauddin Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizun, Nurul (2014) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk melatihkan Penalaran Induktif pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX-2 SMP Bahauddin Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Salah satu alternatif untuk melatihkan penalaran induktif siswa adalah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran, dan keefektifan proses pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk melatihkan penalaran induktif pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung pada pokok bahasan materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 39 siswa dari kelas IX-2 di SMP Bahauddin Taman. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan aktifitas guru, lembar pengamatan aktifitas siswa, soal tes, dan lembar angket respon siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, diperoleh data sesuai rata-rata penilaian validator sebagai berikut: RPP 01 sebesar 3,9; RPP 02 sebesar 3,8; RPP 03 sebesar 3,9; buku siswa 01 sebesar 3,8; buku siswa 02 sebesar 3,8; buku siswa 03 sebesar 3,9; LKS 01 sebesar 3,6; LKS 02 sebesar 3,7; LKS 03 sebesar 3,7; sehingga memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan penilaian validator yang menyatakan perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan aktifitas guru sebesar 3,3; aktifitas siswa sebesar 89,59%; ketuntasan belajar siswa sebesar 88,89% dan respon positif siswa sebesar 95,24%. Dari hasil di atas maka pembelajaran berbasis masalah untuk melatihkan penalaran induktif pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizun, Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Berbasis Masala; Penalaran Induktif; Bangun Ruang Sisi Lengkung
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2015 03:46
Last Modified: 02 Oct 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item