PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MINU MIFTAHUL HUDA GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khakimah, Ellyana (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MINU MIFTAHUL HUDA GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya motivasi yang timbul dari siswa, terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa terlihat lemas, lesu, mengantuk, malas mencatat materi, dan bahkan ada yang memilih mengobrol dengan temannya saat guru menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui strategi Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS materi Kedatangan Belanda dan Jepang ke Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam peelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi Crossword Puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kedatangan Belanda dan Jepang ke Indonesia di kelas V MINU Miftahul Huda Gresik, dan yang kedua bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS materi kedatangan Belanda dan Jpang ke Indonesia di MINU Miftahul Huda Gresik setelah diterapkan strategi Crossword Puzzle?Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang dikenal dengan metode kombinasi. Jadi metode kombinasi adalah metode penulisan yang menggabungkan antara dua metode yaitu kualitatif dan metode kuantitatif. Model penelitian kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kurt Lewn. Data kuantitatif yang digunakan penulis di analisis diskriptif dan yang kualitatif dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan prosentase.Berdasarkan latar belakan diatas maka penulis melakukan tindakan dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle. Strategi tersebut adalah cara yang digunakan penulis utuk meningkatkan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang digunakan penulis untuk mengukur tingkat motivasi siswa adalah angket, lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi swlama proses belajar mengajar.Berdasarkan hasil dari semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas siswa yang pada siklus I meningkat hingga 1% dengan rata-rata pada siklus I adalah 93% dan siklus II adalah 94%. Sedangkan hasil dari aktivitas guru pada siklus I adalah 94% dan pada siklus II adalah 97%. Prosentase motivasi belajar jega meningkat yang pada silus I 69% menjadi 74% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khakimah, Ellyanaelliyana.kha30@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Strategi Crosword Puzzle
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khakimah Ellyana
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:04
Last Modified: 13 Jan 2017 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item