This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khakimah, Ellyana (2016) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MINU MIFTAHUL HUDA GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (116kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penulisan ini adalah kurang adanya motivasi yang timbul dari siswa, terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa terlihat lemas, lesu, mengantuk, malas mencatat materi, dan bahkan ada yang memilih mengobrol dengan temannya saat guru menerangkan pelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui strategi Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS materi Kedatangan Belanda dan Jepang ke Indonesia. Permasalahan yang dikaji dalam peelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi Crossword Puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kedatangan Belanda dan Jepang ke Indonesia di kelas V MINU Miftahul Huda Gresik, dan yang kedua bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS materi kedatangan Belanda dan Jpang ke Indonesia di MINU Miftahul Huda Gresik setelah diterapkan strategi Crossword Puzzle?Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang dikenal dengan metode kombinasi. Jadi metode kombinasi adalah metode penulisan yang menggabungkan antara dua metode yaitu kualitatif dan metode kuantitatif. Model penelitian kelas yang digunakan dalam penulisan ini adalah model Kurt Lewn. Data kuantitatif yang digunakan penulis di analisis diskriptif dan yang kualitatif dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan prosentase.Berdasarkan latar belakan diatas maka penulis melakukan tindakan dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle. Strategi tersebut adalah cara yang digunakan penulis utuk meningkatkan motivasi yang dimiliki oleh peserta didik. Sedangkan teknik pengumpulan data serta alat yang digunakan penulis untuk mengukur tingkat motivasi siswa adalah angket, lembar observasi siswa dan guru serta dokumentasi swlama proses belajar mengajar.Berdasarkan hasil dari semua komponen dan teknik pengumpulan data dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas siswa yang pada siklus I meningkat hingga 1% dengan rata-rata pada siklus I adalah 93% dan siklus II adalah 94%. Sedangkan hasil dari aktivitas guru pada siklus I adalah 94% dan pada siklus II adalah 97%. Prosentase motivasi belajar jega meningkat yang pada silus I 69% menjadi 74% pada siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar | ||||||
Keywords: | Strategi Crosword Puzzle | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Khakimah Ellyana | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 03:04 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2017 06:49 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12565 |
Actions (login required)
View Item |