Implementasi manajemen syariah pada tata kelola Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudrika, Siti (2016) Implementasi manajemen syariah pada tata kelola Hotel Grand Kalimas Syariah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Manajemen Syariah Pada Tata Kelola Hotel Grand Kalimas Syariah” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana tata kelola Hotel Grand Kalimas Syariah dan bagaimana implementasi manajemen syariah di Hotel Grand Kalimas Syariah.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), yang mana penelitian ini dalam bentuk lapangan yaitu dengan terjun langsung ke Lapangan untuk menggali tata kelola Hotel Grand Kalimas syariah, serta mengkaji manajemen syariah yang digunakan dalam mengelola Hotel Grand Kalimas Syariah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan, HRD Manager, Sales Excecutive Hotel Grand Kalimas Syariah.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini menyatakan bahwa manajemen yang digunakan oleh Hotel Grand Kalimas Syariah yaitu menggunakan manajemen yang sesuai konsep Islami. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Perencanaan yang dilakukan oleh Hotel Grand Kalimas Syariah meliputi perencanaan dalam bidang produk fasilitas dan pelayanan, produk yang dimiliki oleh Hotel Grand Kalimas Syariah cukup beragam, fasilitas yang diberikan meliputi Al-Quran, sandal, mukenah yang ada di setiap kamar hotel, juga terdapat kaligrafi yang terpampang di setiap sudut ruang. Pelayanan yang diberikan oleh Hotel Grand Kalimas merupakan pelayanan yang Islami yaitu ketika terdapat tamu yang datang wajib mengucapakan “Assalamualaikum”. Pengorganisasian dalam sumber daya manusia, pemakaian seragam oleh karyawan harus sopan, rapi dan tertutup auratnya, bagi karyawan perempuan harus memakai jilbab, pengarahan setiap karyawan yang baru pasti diberi training atau bimbingan sebelum memulai bekerja. Pengawasan dalam bidang keuangan Hotel Grand Kalimas Syariah melakukan pengawasan kepada setiap pemasukan dana maupun pengeluaran, pihak hotel telah menempatkan dananya pada bank syariah dan mengeluarkan dananya sesuai dengan cara yang Islami yaitu memberikan zakat fitrah dan maal kepada fakir miskin dan anak yatim.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Manajemen yang digunakan oleh Hotel Grand Kalimas Syariah merupakan manajemen yang sesuai dengan syariah. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahanan serta pengawasan hal ini selain untuk mendapatkan keuntungan juga untuk mengharapkan berkah. Implementasi manajemen syariah yang diterapkan oleh Hotel Grand Kalimas Syariah sangat bagus. Pihak Hotel Grand Kalimas Syariah beserta seluruh karyawan telah menerapkan manajemen yang baik dalam pengelolaannya sesuai dengan Islam mulai dari pelayanan pada makanan yang halal, penerimaan tamu, serta pemenuhan fasilitas ibadah. Disarankan agar pihak hotel menambah fasilitas sarana dan prasana, dikarenakan kondisi hotel yang sudah tua maka perlu adanya renovasi ulang, agar terlihat lebih bagus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudrika, Sitiakirarika13@gmail.comC042120179
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Manajemen syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mudrika Siti
Date Deposited: 26 Aug 2016 02:58
Last Modified: 12 Dec 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12746

Actions (login required)

View Item View Item