MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATTAH I BANYUURIP UJUNGPANGKAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subhan, Subhan (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL FATTAH I BANYUURIP UJUNGPANGKAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V MI Al-Fattah I Banyuurip Kecamatan Ujungkah. Pengambengan tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 5 laki-laki dan 9 Perempuan. Tindakan yang menggunakan Metode bermain Peran pada Bidang studi PKn Kelas V MI Al-Fattah I
Banyuurip Ujungpangkah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil yang diperoleh selama pelaksanaan program perbaikan pembelajaran, diperoleh hasil bahwa pada tindakan prasiklus nilai rata – rata kelas adalah 68 atau 43%, pada tindakan siklus I jadi meningkat yaitu 69% atau menjadi 12 siswa atau nilai rata-rata 73. pada tindakan siklus II meningkat menjadi 13 siswa atau 96% nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 78,1 Dari aspek jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran, pada kegiatan pembelajaran normal, jumlah siswa yang tuntas berjumlah 12 orang. Pada tindakan siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 orang, pada tindakan siklus II. Dan peneliti tidak melanjutkan ke siklus III karena peneliti sudah menganggap berhasil meningkat dan tuntas 96%pada siklus II, tuntas dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar terhadap mata pelajaran PKn dengan materi menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia di siswa kelas V MI Al-Fattah I Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah dengan menggunakan Metode Bermain Peran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mudlofir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subhan, SubhanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Metode Bermain Peran; PKn
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2015 01:45
Last Modified: 05 Mar 2015 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item