Hubungan Big Five Personality dengan Komitmen Organisasi di PT Varia Usaha Beton Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadaningtyas, Febryanita (2016) Hubungan Big Five Personality dengan Komitmen Organisasi di PT Varia Usaha Beton Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui hubungan big five personality dengan komitmen organsiasi di perusahaan PT Varia Usaha Beton Waru karena hampir setiap tahunnya selalu menerima pegawai baru karena ada pegawai yang mengundurkan diri.Selain itu juga terdapat pegawai yang tidak bekerja sebaik mungkin untuk memaksimalkan tujuan perusahaan. Seakan komitmen organisasi dalam perusahaan ini perlu dipertanyakan.Menurut teori dari beberapa ahli yang menyatakan bahwa kepribadian merupakan salah satu factor dasar pembentuk komitmen seseorang. Yaitu kepribadian big five meliputi extraversion, agreeaablenes, onscientiousness, intellect (openess to experience)dan juga neuroticism yang merupakan bagian dari kepribadian seseorang yang mungkin berpengaruh terhadap komitmen organsiasi.Maka dari itu perlu untuk menindak lanjuti apakah kepribadian memiliki hubungan dengan komitmen organisasi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kolerasional untuk melihat apakah terdapat hubungan antara big five personality dengan komitmen organisasi.Dengan menggunakan skala Goldberg sebagai inventori kepribadian yang dipubilkasikan dalam International Personality Item Pool (IPIP) dan menggunaakan skala komitmen organisasi yang dikembangkan oleh Allen Mayer.Berdasarkan dari uji hipotesis diatas bahwa dapat disimpulkan terdapat hubungan anatar big five personality dengan komitmen organsiasi. Semua aspek big five mulai dari extraversion, agreablenes, conscientiousness,intellect dan juga neuroticism.Selain itu juga dari hasil yang didapat pada perhitungan bahwa kolerasi antara komitmen dengan extraversion dengan signifikansi sebesar 0,038.Kemudian untuk agreablenes dengan signifikansi sebesar 0,012.Untuk concientiousnes ditemukan signifikansi 0,016. Kepribadian intellect(oppenes to experience)ditemukan nilai signifikansi sebesar 0,040 .Dan neuroticism ditemukan signifikansi sebesar 0,015. Karena dari semua signifikansi ditemukan memiliki skor <0,05sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara big five personality dengan komitmen organisasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika kepribadian dapat berpengaruh positif terhadap komitmen seseorang di dalam perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadaningtyas, Febryanitafebryanitar@gmail.comB37212090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh-2009125901
Subjects: Psikologi > Psikologi Kerja
Keywords: big five personality; extraversion; agreeableness; consciencetiousnes; intellect; neuroticism; komitmen organisasi
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Rahmadaningtyas Febryanita
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:28
Last Modified: 26 Feb 2020 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13217

Actions (login required)

View Item View Item