PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER I MI MATHOLIUL FALAH DRANCANG MENGANTI GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriyah, Titik Nikmatul (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF PESERTA DIDIK KELAS V SEMESTER I MI MATHOLIUL FALAH DRANCANG MENGANTI GRESIK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Pendekatan komunikatif pada intinya adalah belajar komunikasi. Berdasarkan pengalaman kami dilapangan pada bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia banyak dijumpai kekurangan, hasil belajar saat uji kompetensi kemampuan bercerita saat pra siklus ada sebanyak 85% peserta didik kami mengalami ketidaktuntasan dalam pembelajaran bercerita,khususnya dalam penilaian performance, yaitu menyampaikan cerita secara lisan di depan kelas,
Permasalahan yang ingin dikaji adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bercerita mata pelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan komunikatif dan Apakah pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik kelas V semester I MI MATHOLIUL FALAH Drancang Menganti Gresik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bercerita mata pelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan komunikatif Dan Ingin mengetahui bagaimana pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menceritakan isi cerita/dongeng peserta didik kelas V semester I MI MATHOLIUL FALAH Drancang Menganti Gresik.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi dan revisi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V semester I MI MATHOLIUL FALAH Drancang Menganti Gresik tahun pelajaran 2014-2015.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi cerita melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini diterbukti dari hasil observasi aktifitas peserta didik dan aktifitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Aktifitas peserta didik pada siklus 1 yaitu 70% dan siklus 2 adalah 100% sedangkan aktifitas guru pada siklus 1 yaitu 3,7 (92,5%) dan pada siklus 2 adalah 4 (100%). Serta ditandai dengan peningkatan prosentase klasikal hasil belajar dalam penilaian performance bercerita pada siklus 1 yaitu 61% dan siklus 2 yaitu 97 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriyah, Titik NikmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kemampuan Bercerita; Pendekatan Komunikatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2015 03:49
Last Modified: 06 Mar 2015 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item