Efektivitas teknik kursi kosong (emptychair) untuk meningkatkan harga diri (self esteem) siswa korban bullying di Smp Baitussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Argya aka yori, Gege (2016) Efektivitas teknik kursi kosong (emptychair) untuk meningkatkan harga diri (self esteem) siswa korban bullying di Smp Baitussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying merupakan tindak kekerasan verbal maupun fisik yang dilakukan oleh siswa secara berulang kali kepada siswa lain. Siswa yang menjadi korban bullying akan memiliki harga diri yang rendah karena selalu mendapat tekanan dari pelaku bullying. Harga diri adalah evaluasi diri terhadap berharga atau tidaknya individu dilihat dalam mengatasi masalah yang ada pada dirinya. Korban bullying yang memiliki harga diri yang rendah akan merasa dirinya tidak berguna dan tidak berharga, hal ini akan berdampak pada diri korban seperti tidak mau masuk sekolah, ingin pindah sekolah, dan sampai pada keinginan untuk bunuh diri. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bantuan yang efektif untuk meningkatkan harga diri siswa korban bullying. Salah satu caranya adalah dengan teknik kursi kosong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas teknik kursi kosong untuk meningkatkan harga diri siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experimental design dengan jenis One Group Pretest dan Posttest Design. Eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Pelaksanaan rancangan penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pretest berupa skala harga diri oleh Sorensen Self Esteem Test, perlakuan berupa teknik kursi kosong, dan posttest berupa skala harga diri oleh Sorensen Self Esteem Test. Subjek penelitian adalah siswa SMP Baitussalam Surabaya kelas VII yang menjadi korban bullying dan memiliki harga diri rendah dan berjumlah 5 orang siswa. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan uji beda wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai wilcoxon sebesar (Z=-2,023a) dan nilai probability error yakni kurang dari 0,05 (p=0,043<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik kursi kosong efektif untuk meningkatkan harga diri siswa korban bullying. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar: 1) Konselor yaitu membantu siswa meningkatkan harga diri dengan menggunakan teknik-teknik konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa, memberikan intervensi-intervensi kepada siswa yang beresiko seperti perilaku bullying baik pelaku maupun korban agar dapat mengurangi fenomena perilaku bullying yang marak terjadi dalam sekolah, mengaplikasikan teknik kursi kosong pada siswa korban bullying yang memiliki harga diri rendah atau pada subjek lainnya yang sesuai dengan karakteristik yang berkaitan dengan tujuan teknik kursi kosong. 2) Bagi penelitian Dalam meningkatkan harga diri siswa korban bullying perlu mengkombinasikan teknik kursi kosong dengan teknik lain. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu siswa mengatasi masalahnya secara tuntas. Selain itu, dalam pengaplikasian teknik kursi kosong dapat ditujukan pada subjek yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Argya aka yori, Gegegegeyori92@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Teknik kursi kosong
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Yori Gege Argya Aka
Date Deposited: 31 Aug 2016 03:53
Last Modified: 14 Nov 2019 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13751

Actions (login required)

View Item View Item