STUDENTS' ABILITY IN CONSTRUCTING READING QUESTION ITEMS IN CRITICAL READING CLASS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Risalatil (2016) STUDENTS' ABILITY IN CONSTRUCTING READING QUESTION ITEMS IN CRITICAL READING CLASS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membuat sebuah pertanyaan dalam hal membaca berdasarkan tingkat kognitif dari perspektif taksonomi bloom di kelas critical reading dan kesulitan mereka dalam membuat pertanyaan tersebut.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua puluh lima mahasiswa di kelas critical readingtahun akademik 2015-2016 fakultas pendidikan dan pelatihan guru UIN Sunan Ampel Surabaya. Tes dan kuesioner digunakan sebagai instrumen penelitian ini.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan siswa dalam membuat sebuah pertanyaan dalam hal membaca berdasarkan tingkat kognitif dari perspektif taksonomi bloom.Selanjutnya, kuesioner digunakan untuk memperoleh data tentang kesulitan siswa dalam membuat pertanyaan tersebut.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat sebuah pertanyaan dalam hal membaca berdasarkan tingkat kognitif dari perspektif taksonomi bloom adalah adil. Di tingkat-pemikiran rendah taksonomi bloom; tingkat pertanyaan mengingat(remembering) terdapat 11,38% pertanyaan siswa, 15,44% pertanyaan siswa di tingkat pemahaman(understanding), dan 22,76% pertanyaan siswa berada di tingkat menerapkan (applying). Sedangkan, di tingkat pemikiran tinggi bloom taksonomi perspektif ini; 29,26% pertanyaan siswa berada di tingkat analisis(analyzing), 18,69% pertanyaan siswa berada di tingkat mengevaluasi(evaluating), dan hanya 2,34% pertanyaan siswa berada dalam tingkat menciptakan (creating). Ini berarti masih ada siswa di tingkat-pemikiran rendah.Selanjutnya, sebagian besar kesulitan siswa dalam membuat pertanyaan adalah dalam hal istilah tata bahasa.Berdasarkan temuan data dalam penelitian ini, beberapa saran diberikan untuk pengajar, terutama untuk pengajar yang mengajar di kelas membaca kritis (critical reading class) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis.Dan untuk siswa terutama untuk mahasiswa agar meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis, karena mereka adalah mahasiswa sebuah universitas, mereka harus memiliki pemikiran kritis. Hal ini juga saran untuk peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian seperti ini dari aspek internal dan eksternal atau diukur kemampuan siswa dalam membangun pertanyaan dari perspektif lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Risalatilrisa_you@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Umami Risalatil
Date Deposited: 02 Sep 2016 07:51
Last Modified: 02 Sep 2016 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13887

Actions (login required)

View Item View Item