TASHMIM MAWAAD TA’LIIM MAHAARAH AL KALAAM LIHIFDHAH AL QUR’AN : BAHS TATHWIIRI FI MA’HAD AL NAWAWII LITAHFIID AL QUR’AN AL KARIIM MOJOKERTO JAWA AL SYARQIYYAH INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luhfi, Muammar (2014) TASHMIM MAWAAD TA’LIIM MAHAARAH AL KALAAM LIHIFDHAH AL QUR’AN : BAHS TATHWIIRI FI MA’HAD AL NAWAWII LITAHFIID AL QUR’AN AL KARIIM MOJOKERTO JAWA AL SYARQIYYAH INDONESIA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan pada (1) Desain materi ajar maharah kalam bagi penghafal al-Qur’an untuk meningkatkan maharah kalam di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an An-Nawawiy, Mojokerto-Jawa Timur-Indonesia. (2) Mengetahui efektifitas materi ajar maharah kalam bagi penghafal al-Qur’an untuk meningkatkan maharah kalam di Pondok Pesantren Tahfidhul Qur’an An-Nawawiy, Mojokerto-Jawa Timur-Indonesia.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, metodologi pengembangan-analisis (R&D) dan eksperimen dengan One group with pre and post test.
Penelitian ini focus pada rumusan berikut (1) Apa karakteristik desain materi ajar maharah kalam bagi penghafal al-Qur’an (2) Apakah efektif materi ajar maharah kalam bagi penghafal al-Qur’an untuk meningkatkan maharah kalam siswa untuk dapat mengucapkan bahasa arab dengan baik dan pemilihan ungkapan yang sesuai dengan beragam kondisi serta penggunaan gramatika yang benar dalam penyusunan kalimat ketika berbicara.
Akhirnya, dengan penelitian yang mendalam dan cermat diperoleh beberapa kesimpulan atau jawaban dari soal di atas sebagaimana berikut: bahwa materi ajar ini efektif untuk meningkatkan maharah kalam siswa berdasar pada selisih dari hasil pre-test dan post-test serta hasil dari “test -t” yang sesuai serta mendukung hal tersebut

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nasaruddin Idris Jauhar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luhfi, MuammarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Metode
Keywords: Materi Pembelajaran; Hafalan Al-Qur'an; Maharah Kalam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2015 05:51
Last Modified: 14 Mar 2015 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item