PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BUSTANUL MUTA’ALLIMIN SETRO MENGANTI GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwandari, Anggi Dwi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BUSTANUL MUTA’ALLIMIN SETRO MENGANTI GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik?.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik, 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model dari Kurt Lewin, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah perpaduan antara data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian ini dpat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tujuan yang dicapai daalam penelitian. Hal ini dapat diketahui pada hasil observasi guru yang pada siklus I mendapat skor 65,47 meningkat menjadi 89,28 pada siklus II, dan hasil observasi siswa yang pada siklus I mendapat skor 65,38 meningkat menjadi 86,53 pada siklus II, 2) Adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas IV MI Bustanul Muta’allimin Setro Menganti Gresik dengan metode Index Card Match. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata hasil pra-PTK yang semula mendapat 65,90 menjadi 74,31 pada siklus I dan meningkat menjadi 85 pada siklus II, serta presentase ketuntasan hasil belajar yang semula 54,54% pada siklus I meningkat menjadi 90,90% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nadlir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwandari, Anggi DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Hasil Belajar; Index Card Match; Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:17
Last Modified: 17 Mar 2015 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item