Analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats (Swot) dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (Uspps) di Koperasi Sumber Anyar (Ksa) Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darwis, Darwis (2016) Analisis Strength, Weakness, Opportunities, Threats (Swot) dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (Uspps) di Koperasi Sumber Anyar (Ksa) Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

USPPS KSA Pamekasan sebagai salah satu pengelola keuangan yang membutuhkan suatu strategi pemasaran yang efektif dan efisien untuk mendapatkan nasabah dalam menghadapi persaingan dengan para kompetitor lain yang menggunakan prinsip Syariah. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan 1) Apa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pemasaran produk USPPS KSA Pamekasan? 2) Bagaimana Pemasaran Produk dalam menentukan Segmentation, Targetting, dan Positioning USPPS KSA Pamekasan? 3) Strategi apa yang tepat dalam memasarkan produk USPPS KSA Pamekasan? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yakni suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Data yang dihimpun untuk penelitian ini adalah data-data terkait Analisis SWOT terhadap strategi pemasaran produk USPPS KSA Pamekasan, mulai dari anlisis SWOT serta implikasinya dalam menentukan strategi yang akan dilakukan. Data yang terkumpul untuk menyusun dan menganalisisnya dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang menggambarkan dan melukiskan keadaan subyek atau obyek berdasarkan fakta. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dalam analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran produk USPPS KSA Pamekasan ; Pertama, yang menjadi kekuatan yaitu: tidak menganut prinsip bunga dengan rating 4 berarti baik untuk dipertahankan. Kelemahan, yaitu: citra USPPS KSA Pamekasan sebagai Koperasi yang diperuntukkan untuk orang islam ratingnya 3,75, perlu segera dibenahi untuk kelangsungan USPPS KSA Pamekasan. Peluangnya : ketertarikan masyarakat terhadap koperasi syariah dan populasi penduduk yang beragama islam menjadi peluang yang sangat baik dengan rating 4. Ancaman yang paling kuat ratingnya 2,75 yaitu banyaknya pesaing yang lebih luas jaringannya dan strategis lokasi pemasaranya. Kedua, dilihat segmen pasar bahwa Nasabah di USPPS KSA Pamekasan adalah santri, guru dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat,. Target pasar adalah Lembaga pendidikan, Para pedagang yang paham tentang Syariah, serta Para Pelajar, Tokoh agama dan Masyarakat yang mengerti tentang Syariah. Sedangkan Posisi perusahaan diketahui pada Kuadran 1 pada arah Agresif, hal Ini menunjukkan situasi yang sangat menguntungkan, artinya organisasi dalam kondisi baik sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Ketiga, hasil merekomendasikan strategi sebagai berikut ; Mempertahankan citra koperasi yang baik, meningkatkan Promosi dengan media yang lebih baik agar dapat memperluas pangsa pasar, serta memebrikan pelatihan yang baik dan sesuai dengan bidangnya kepada karyawan khususnya pelatihan tentang keuangan agar karyawan lebih kreatif dan inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darwis, Darwisdarwisgombes985@gmail.comF1.42.13.215
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubagy, DjokUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Darwis
Date Deposited: 21 Nov 2016 08:13
Last Modified: 11 Nov 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item