Pengaruh metode Applied Behavior Analysis terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial pada anak autis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftakhul (2016) Pengaruh metode Applied Behavior Analysis terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial pada anak autis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Autis merupakan suatu kondisi dimana anak menunjukkan gangguan yang ditandai oleh terganggunya perilaku, interaksi sosial dan komunikasi. Interaksi sosial merupakan kesulitan yang nyata bagi anak autis untuk melakukan hubungan sosial dengan lingkungannya. Gangguan yang terjadi pada anak autis dapat menghalangi anak untuk berinteraksi sosial atau melakukan hubungan sosial. CAC Surabaya terdapat beberapa siswa anak autis yang memiliki kemampuan interaksi sosial yang cukup. Metode ABA (Applied Behavior Analysis) merupakan ilmu yang sangat representative bagi penanggulangan anak berkebutuhan khusus karena memiliki prinsip yang sistematis, terstruktur, dan terukur sehingga dapat meningkatkan keterampilan motorik halus, motorik kasar, komunikasi dan kemampuan bersosialisasi. Fokus penelitian ini adalah untuk meneliti apakah terdapat pengaruh metode ABA terhadap peningkatan interaksi sosial pada anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial melalui metode ABA pada anak autis. Penelitian ini mengunakan metode desain single case experimental design (subjek tunggal). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak penyandang autis. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua instrumen yaitu instrumen perlakuan (panduan pembelajaran) dan instrumen pengukuran berupa lembar observasi skala interaksi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode ABA efektif untuk meningkatkan interaksi sosial anak autis. Indikator yang mengalami peningkatan adalah kontak mata, kosa kata, menjawab pertanyaan, memahami kata, dan mendengarkan.

Kata kunci : Interaksi sosial, anak autis, metode ABA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftakhulmitha.khunna@gmail.comB77212108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmasoobihah@gmail.com2012037402
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Jannah Miftakhul
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:10
Last Modified: 25 Nov 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item