TATHWIR MADAH TA'LIM MAHARATUL KITABAH ALA AL MUSTAWA AS TSANAWI : AL BAHS WA AL TATHWIR BI AL TATHBIQ ALA AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majid, Majid (2016) TATHWIR MADAH TA'LIM MAHARATUL KITABAH ALA AL MUSTAWA AS TSANAWI : AL BAHS WA AL TATHWIR BI AL TATHBIQ ALA AL MADRASAH AL TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH LAMONGAN. Masters thesis, UIN Sunan ampel surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui materi pembelajaran menulis di MAN Lamongan dengan menggunakan Kurikulum tahun 2013, (2) Menyusun pengembangan materi pembelajaran menulis dengan menggunakan Kurikulum 2013, (3) Mengetahui efektifitas materi pembelajaran menulis hasil pengembangan di MAN Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Metodologi yang digunakan adalah (1) pengembangan dan analisis, (2) metode eksperimen melalui pre test dan post test. Sumber data penelitian adalah (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sepuluh semester genap maharah kitabah yang digunakan di MAN Lamongan, (2) Pakar pembelajaran bahasa Arab, (3) Guru bahasa Arab MAN Lamongan, (4) Siswa kelas sepuluh MAN Lamongan, dan (5) Dokumen. Penelitian ini difokuskan pada masalah: “Bagaimana materi ajar maharah kitabah kelas sepuluh semester genap dengan menggunakan kurikulum 2013 di MAN Lamongan selamaini, kemudian penelitian ini juga mengungkapkan bentuk pengembangan dari materi ajar maharah kitabah kelas sepuluh semester genap dengan menggunakan kurikulum 2013 serta sejauh mana efektifitas materi ajar yang telah dikembangkan dimaksud dalam meningkatkan hasil belajar siswa MAN Lamongan. Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Materi ajar bahasa Arab kelas sepuluh semester genap maharah kitabah kurikulum 2013 yang digunakan di MAN Lamongan kurang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa, (2) Materi ajar bahasa Arab kelas sepuluh semester genap maharah kitabah kurikulum 2013 hasil pengembangan secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran, (3) Materi ajar bahasa Arab kelas sepuluh semester genap maharah kitabah kurikulum 2013 hasil pengembangan setelah diterapkan menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab maharah kitabah siswa kelas sepuluh semester genap di MAN Lamongan, hal ini didasarkan padahasil pretest dan posttest yaitu terdapat peningkatan 6,96 % dari prosentase nilai pretest 74,64 % menjadi 81,6 % di nilai posttest. Hal ini diperkuat dengan hasil analisa angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisanilai test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majid, Majidevi_villah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Majid Majid
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:51
Last Modified: 02 Nov 2016 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item