Studi Perbandingan Manajemen Kurikulum di Sekolah Inklusi Antara SMP Negeri 29 Surabaya dan SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permata, Perdana Nur Rachma (2016) Studi Perbandingan Manajemen Kurikulum di Sekolah Inklusi Antara SMP Negeri 29 Surabaya dan SMP Negeri 3 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi di SMP Negeri 29 Surabaya; 2) Bagaimana manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi di SMP Negeri 3 Krian; 3) Adakah perbedaan dan persamaan manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi antara SMP Negeri 29 Surabaya dan SMP Negeri 3 Krian. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah berbasis inklusi di SMP Negeri 29 Surabaya dan SMP Negeri 3 Krian sebab sesuai dengan syarat penelitian dalam kasus perbandingan, sekolah yang akan dijadikan tempat penelitian harus mempunyai status Akreditasi yang sama, dimana kedua sekolah ini memiliki status Akreditas “A”. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi. Sehingga bisa digeneralisasikan sistem manajemennya untuk sekolah berbasis inklusi yang lain. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penulis menggunakan pendekatan ini karena data yang dikaji dan dihasilkan adalah deskriptif. Dimana teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara pengamatan (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi. Adapaun teknik analisa data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi di SMP Negeri 29 Surabaya baik bagi peserta didik reguler ataupun bagi PDBK didalamnya terdapat proses kegiatan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang baik dan sesuai dengan hambatan, potensi dan kebutuhan peserta didik. 2) manajemen kurikulum di sekolah berbasis inklusi di SMP Negeri 3 Krian bagi peserta didik reguler berjalan sesuai dengan SOP K13 berbeda dengan manajemen kurikulum bagi PDBK yang didalamnya kurang terdapat proses kegiatan manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang khusus dan sesuai dengan hambatan, potensi dan kebutuhan PDBK. 3) terdapat perbedaan dalam hal kurikulum inklusi bagi PDBK, penyususnan program ajaran, pengelolaan program kelas bagi PDBK, fasilitas serta sarpras bagi PDBK dan dalam hal evaluasi terhadap KBM bagi PDBK. Namun terdapat pula persamaan dari kedua sekolah berbasis inklusi tersebut yakni penggunaan kurikulum 2013 bagi peserta didik regulernya, prosedur identifikasi hambatan, potensi serta kebutuhan PDBK dan Pembuatan tim pendidikan khusus (TPK) oleh kepala sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permata, Perdana Nur Rachmaperdananurachma@gmail.comD03212054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Subjects: Kurikulum
Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Permata Perdana Nur Rachma
Date Deposited: 28 Dec 2016 04:36
Last Modified: 18 Dec 2019 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item View Item