This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tolchah, Moch. (2012) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM : STUDI PEMAHAMAN PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIKAN TENTANG PENDIDIKAN UMUM DENGAN KEKHASAN AGAMA ISLAM DI MAN 3 MALANG. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Pertama, Bagaimana pemahaman para guru dan tenaga kependidikan lainnya tentang makna substantif madrasah sebagai pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam di MAN 3 Malang?, kedua, Bagaimana perwujudan makna substantif madrasah sebagai pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam dalam praktik pengembangan kurikulum di MAN 3 Malang ?, ketiga, Bagaimana strategi penguatan kekhasan agama Islam untuk mendukung praktik pengembangan kurikulum di MAN 3 Malang?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi karena memahami fenomena-fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian. Teknik pengumpulan datanya : observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, untuk uji keabsahan data digunakan uji trianggulasi data, metode dan sumber.
Hasil penelitian disertasi ini dapat disimpulkan : Pertama, pemahaman guru dan tenaga kependidikan lainnya di MAN 3 Malang tentang makna substantif madrasah sebagai pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam adalah lembaga pendidikan yang memberikan materi umum sama dengan sekolah umum, namun ada penambahan materi agama, budaya islami (religious culture) yang diciptakan layaknya pondok pesantren, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi lulusan baik akademik maupun non akademik sebagai ciri khas lembaga pendidikan bercirikhas agama Islam. Kedua, Upaya guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mewujudkan makna substantif madrasah sebagai pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam ke dalam praktik pengembangan kurikulum di MAN 3 Malang: 1) Pemilihan media, bahan ajar dan metode pembelajaran yang Islami, 2) Integrasi Islam dalam kegiatan pembelajaran baik dalam perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi, 3) Model integrasi Islam dengan materi adalah memasukkan nilai Islam dalam materi pelajaran umum, 4) Jika terjadi benturan konsep dilakukan diskusi dengan guru yang lebih kompeten. Ketiga, Strategi penguatan kekhasan agama Islam dalam rangka mendukung praktik pengembangan kurikulum di MAN 3 Malang: 1) Diangkatnya waka bidang keagamaan yang memiliki tugas pokok dalam mengembangkan program-program keagamaan, misalnya Pondok Ramadlan, PHBI, pembiasaan mengaji sebelum pelajaran dimulai dan lain sebagainya, 2) Monev dilakukan langsung oleh kepala Madrasah baik dalam rapat dinas maupun observasi langsung KBM, 3) Membuat kegiatan pembiasaan, 4) Perecanaan dalam dalam Visi, Misi dan Renstra Madrasah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Muhaimin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum | ||||||
Keywords: | Pengembangan Kurikulum; Pendidikan; Pengajaran; Pendidikan Umum; Kekhasan Agama Islam | ||||||
Divisions: | Program Doktor > Ilmu Keislaman | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2015 03:12 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2017 10:45 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1478 |
Actions (login required)
View Item |