PENGARUH PEKERJAAN GURU DI LUAR PRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS "YASMU" MANYAR KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Umnatul HS (1999) PENGARUH PEKERJAAN GURU DI LUAR PRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS "YASMU" MANYAR KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/14997

Abstract

Pada dasarnya pendidikan mempunyai arti penting bagi manusia untuk mencapai tujuan hidupnya. Sebagai "Homo Educandum" manusia memerlukan bantuan dan bimbingan untuk dapat mengembangkan potensinya agar tumbuh dan berkembang secara maksimal. Demikian pula manusia memerlukan pengarahan agar dalam pertumbuhan potensinya tersebut mengarah pada tujuan hidup yang hendak di capai. Oleh karena itu dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari proses pendidikan baik yang bersifat formal, informal maupun non formal. Dalam sistem pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang disebut dengan faktor faktor pendidikan yaitu hal hal yang berpengaruh terhadap jalannya proses pendidikan. Adapun rumusan masalah pada pembahasan ini adalah 1). Apa pekerjaan guru diluar profesi? 2). Bagaimana hasil belajar siswa di Mts YASMU Manyar Gresik? 2). Apa pekerjaan guru diluar profesi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa? 4). Sejauhmana pengaruh tersebut dalam kaitannya dengan hasil belajar siswa? Pada pembahasan ini menggunakan metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumentasi. Metode observasi adalah pengamatan secara sistematis tentang fenomene fenomena yang diselidiki baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan metode ini peneliti mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian tentang lokasi atau letak geografisnya. Metode interview adalah proses tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih berhadap hadapan secara fisik, dengan metode ini diharapkan dapat mengungkapkan data data yang bersifat informatif. Metode angket merupakan alat pengumpulan data yang biasa digunakan dalam tehnik komunikasi langsung. Metode dokumentasi tehnik ini digunakan untuk mencari data yang bersifat patent, misalnya sejarah berdirinya Mts YASMU. Kesimpulan dari pembahasan ini adalah berdasarkan hasil angket pekerjaan guru di luar profesi di Mts YASMU adalah sebagai berikut petani tambak 30%, pedagang/wirausaha 40% pegawai KUD 30%. Bahwa hasil belajar siswa menunjukkan nilai yang tinggi dengan prosentase 87% dari responden yang berjumlah 30. Bahwa ada pengaruh antara pekerjaan guru diluar profesi terhadap hasil belajar siswa di Mts YASMU Manyar Gresik dengan hal ini berdasarkan perhitungan nilai p yang diperoleh lebih besar dari hasil r tabel ( rt ) p =536 > 0,400. Berdasarkan hasil analisa X, KK dan O menunjukkan bahwa pengaruh pekerjaan guru di luar profesi terhadap hasil belajar siswa di Mts YASMU Manyar Gresik adalah agak rendah, hal ini terbukti dari hasil O = 0, 536 yang dalam kategori tabel interprestasi menunjukkan pengaruh agak rendah, bila dilihat pada tabel interprestasi berada diantara 0, 400 – 0, 600. Dari hasil kesimpulan ini menunjukkan bahwa semakin rendah pengaruh pekerjaan guru di luar profesi, maka semakin tinggi hasil belajar siswa di Mts YASMU Manyar Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Umnatul HS--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Pekerjaan Guru; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2017 08:00
Last Modified: 07 Dec 2017 17:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item