ASH SHIRA' AL IJTIMA'I FI RIWAYAH AL DHIL AL ASWAD LI NAJIB AL KAILANI : DIRASAH AL ADAB AL IJTIMA'I

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Jumiarni Al (2017) ASH SHIRA' AL IJTIMA'I FI RIWAYAH AL DHIL AL ASWAD LI NAJIB AL KAILANI : DIRASAH AL ADAB AL IJTIMA'I. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Konflik sosial adalah pertentangan yang terjadi karena adanya interaksi dan hubungan antar manusia. Dalam sebuah novel konflik menjadi sangat penting, karena dengan konflik penceritaan novel akan semakin menarik, dan yang akan mendorong dialog dan action antar tokoh. Konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad akan sangat menarik untuk dibahas karena konflik ideologis yang kompleks didalammya dapat menggugah hati dan keimanan bagi para pembacanya. Dengan demikian, peneliti merasa perlu untuk menelaah konflik sosial yang terjadi di dalam novel ini, dengan judul penelitian “Konflik Sosial dalam Novel Dzil Al-Aswad Karya Najib Kailani”. Penelitian ini menggunakan teori konflik sosial, yaitu menganalisis data yang menunjukkan pertentangan dan pertikaian antara tokoh maupun kelompok yang terjadi dalam novel Dzil Al-Aswad. Adapun dalam penelitian ini, membahas tentang: (1) bagaimana bentuk konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad karya Najib Kailani? (2) bagaimana akibat konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad karya Najib Kailani?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis sastra. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu peneliti membaca novel Dzil Al-Aswad dengan teliti sehingga menemukan data yang menunjukkan bentuk dan akibat konflik. Kemudian data yang telah terkumpul dikolempokkan kedalam bentuk dan akibat konflik sosial. Setelah itu data tersebut dianalisis secara deskriptif naratif dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bentuk konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad yaitu: (1) terdapat 3 data menunnjukkan peperangan, 4 data menunjukkan pertengkaran antara iyasu dan istrinya, 3 data menunjukkan permusuhan antara iyasu dan tafari, 2 data menunjukkan perselisihan antara tafari dan istrinya. Adapun akibat konflik yang ditemukan yaitu: (2) terdapat 4 data menunjukkan akibat peperangan, 1 data yang menunjukkan akibat pertengkaran antara iyasu dan istrinya, 1 data yang menunjukkan permusuhan antara iyasu dan tafari, 1 data yang menunjukkan akibat perselisihan antara tafari dan istrinya.Jadi dari penelitian ini, peneliti menemukan 12 data untuk menunjukkan bentuk konflik sosial, dan 7 data untuk menunjukkan akibat konflik sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Jumiarni Aljumiarni.alhuda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Adab
Konflik sosial
Keywords: Konflik sosial; Novel Dzil Al Aswad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Huda Jumiarni Al
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:40
Last Modified: 01 Mar 2017 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item