Efektivitas cognitive behaviour therapy dalam meningkatkan self-regulated learning santri kelas isti’dad ulya B (kelas persiapan) di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Absor, Muhammad Ulil (2017) Efektivitas cognitive behaviour therapy dalam meningkatkan self-regulated learning santri kelas isti’dad ulya B (kelas persiapan) di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya menyediakan kelas isti’dad sebagai jenjang kelas persiapan untuk masuk ke jenjang kelas satu Madrasah Aliyah. Kelas ini dibentuk untuk mempersiapkan para santri yang secara standar kemampuan masih kurang untuk masuk di kelas satu madrasah aliyah. Tolak ukur yang dijadikan pedoman adalah kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan baca kitab kuning. Faktanya, ditemukan beberapa permasalahan dari para santri dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dari kelas isti’dad yang berhubungan dengan proses kemandirian belajar mereka selama di kelas isti’dad. Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang berhubungan, diantaranya minimnya motivasi, kesalahan persepsi, dan kemampuan diri dalam mengatur diri. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti terpanggil untuk melakukan suatu tindakan nyata untuk berkonstribusi dalam membantu meningkatkan kemampuan pengelolaan diri santri kelas isti’dad kaitannya dengan proses kemandirian belajar (self-regulated learning) mereka di kelas dan di pesantren. Fokus permasalahan yang diteliti dalam penelitian skripsi ini ada dua, yaitu bagaimana proses Cognitive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Santri Kelas Isti’dad di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya, serta bagaimana Efektivitas Cognitive Behaviour Therapy dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Santri Kelas Isti’dad di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah Surabaya. Untuk menjawab permasalahan proses dan efektivitas tersebut, peneliti menggunakan Treatment dan tahapan bimbingan dan konseling secara umum. Sementara metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis pre-experiment dengan desain one group pre-test post-test. Adapun pengumpulan data yang dipilih oleh peneliti adalah berupa observasi, wawancara dan pemberian quosioner. Pasca pengujian T-Tes dilakukan taraf signifikan 5%, hasil menunjukan bahwa Cognitive Behaviour Therapy Memiliki Efektivitas dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning Santri Kelas Isti’dad di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fitrah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Absor, Muhammad Ulilmuhammadulilabsor26@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Absor Muhammad Ulil
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:51
Last Modified: 13 Jun 2017 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item