BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI RASIONAL EMOTIF DALAM MENGATASI POST POWER SYNDROME MANTAN KEPALA DESA RUBARU KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Moh, Pa'it (2017) BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI RASIONAL EMOTIF DALAM MENGATASI POST POWER SYNDROME MANTAN KEPALA DESA RUBARU KECAMATAN RUBARU KABUPATEN SUMENEP. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Seorang mantan Kepala Desa (Kades) yang mencalonkan kembali dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tetapi tidak terpilih akan rentan mengalami beban psikis dan sosial yang tidak tanggung. Beban itu seringkali membuat mantan Kades tersebut memiliki masalah-masalah cara berpikir yang tidak rasional (irrasional). Cara berpikir tersebut membuatnya menjadi terbiasa murung, antisosial, dan bahkan stress yang berkepanjangan. Masalah-masalah seperti ini adalah salah satu gejala Kades tersebut mengalami post power syndrome. Oleh karena itu, penelitian ini mengambil tentang Bimbingan Konseling Islam Dengan Terapi Rasional Emotif Dalam Mengatasi Post Power Syndrome Kepala Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Adapun fokus kajian dalam penelitian ini ada dua: 1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif dalam mengatasi Post Power Syndrome yang dialami mantan Kepala Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep?. 2)Bagaimana hasil akhir Bimbingan Konseling Islam dengan Terapi Rasional Emotif dalam mengatasi Post Power Syndrome yang dialami mantan Kepala Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep? Dalam mengungkap masalah tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dan melibat, di mana data-data lapangan diperoleh melalui cara observasi, wawancara dan akumulasi dokumentasi dalam rangka mengetahui dan melakukan bimbingan konseling Islam kepada mantan Kades yang mengalami post power syndrome karena gagal terpilih menjadi Kepala Desa di Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Selain itu, peneliti ini juga mengungkap dan mendeskripsikan bentuk-bentuk bimbingan konseling islam dengan terapi rasional emotif sekaligus hasil akhir yang diperoleh dari bimbingan tersebut untuk mengatasi post power syndrome yang dialami mantan Kepala Desa Rubaru Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa: 1) Gejala-gejala post power syndrome terlihat dalam diri klien (mantan kepala desa tersebut) adalah pemurung, sensitif, individualistis (antisosial), egoisme berlebihan dan sebagainya yang kesemua itu membuatnya tidak mampu lagi berpikir rasional; 2) Setelah dilakukan diagnosa, prognosa, dan terapi/treatment rasional emotif dan evalusasi/follow up pada diri klien terdapat perubahan yang sangat menonjol bahwa dengan berpikir rasional klien mulai bisa bangkit dari keterpurukan dan tidak lagi melakukan gejala-gejala post power syndrome tersebut; 3) Hasil dari proses bimbingan konseling islam tersbut membuktikan bahwa tingkat keberhasilan mencapai 88,88% dari 18 point gejala post power syndrome, sementara 5,55% masih dilakukan, dan 5,55% kadang-kadang dilakukan. Melalui standar uji >75% s/d 100% dapat disimpulkan bahwa bimbingan konseling ini dikategorikan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Moh, Pa'itfaid_51@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Pa’it Moh.
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:36
Last Modified: 20 Feb 2017 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item