This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Suharini, Sri Astutik (2014) PENGARUH PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG) BAGI GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PUCANG TAMAN SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (110kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah sebuah media yang diberikan
pemerintah kepada para guru untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme saat
membimbing siswa-siswinya. Kegiatan pelatihan bagi guru pada dasarnya merupakan suatu
bagian yang integral dari manajemen dalam bidang ketenagaan di sekolah dan merupakan upaya
untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru sehingga pada gilirannya diharapkan
para guru dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang
sebaik-baiknya sehingga mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan
kualitas kinerjanya.
Adapun rumusan yang dikaji dalam skripsi ini adalah: Bagaiman urgensi pelaksanaan
pendidikan dan latihan profesi guru (plpg) bagi guru mata pelajaran pendidikan agama Islam di
SMP Muhammadiyah 5 Pucang Taman Surabaya, Bagaimana pengaruh pendidikan dan latihan
profesi guru (plpg) bagi guru mata pelajaran pendidikan agama Islam terhdap peningkatkan
prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 5 Pucang Taman Surabaya?
Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam
penelitian ini digunakan metode pengumpulan data; observasi, intervew, angket dan
dokumentasi, sedangkan metode analisisnya menggunakan metode kuantitatif prosentase dengan
teknik statistik regresi linier sederhana.
adapun urgensi pelaksanaan pendidikan dan latihan profesi guru (plpg) yaitu guru harus
mempunyai komponen-komponen yang meliputi penguasaan bahan pelajaran, pengelolaan
program pengajaran, pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber pelajaran, penguasaan
landasan kependidikan, pengelolaan interaksi belajar mengajar
Pengaruh pendidikan dan latihan profesi guru (plpg) terhadap peningkatan prestasi
belajar siswa kelas IX, di sini dapat diketahui bahwa jumlah yang dihasilkan dari penyebaran
angket pendidikan dan latihan profesi guru sebesar 3,0 – 3,9 yang tergolong cukup baik, maka
dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan dan latihan profesi guru terhadap peningkiatan
prestasi belajar siswa kelas IX adalah tergolong cukup baik.
Dari hasil analisis regresi linier sederhana dengan SPSS 16, bahwa antara pengaruh
pendidikan dan latihan profesi guru (plpg) terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terdapat
pengaruh karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 (0,054 < 0,05) jika nilai signifikan
lebih kecil dari 0,05 maka terima Ha dan tolak Ho artinya ada pengaruh antara pendidikan dan
latihan profesi guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Pendidikan Dan latihah Profesi Guru, PLPG, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2015 04:59 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2015 04:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1526 |
Actions (login required)
View Item |