HUBUNGAN PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP ISLAM DUDUKSAMPEYAN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusnawati, Masyito (2014) HUBUNGAN PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII SMP ISLAM DUDUKSAMPEYAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah system pengajaran, maka seorang guru memiliki tugas-tugas yang besar di dalamnya. Sebagaimana yang ditegaskan dalam Nomor 20 Pasal 3 Undang – Undang Tahun 2003, bahwa:
Pedidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik di dalam pembelajaran dan salahsatu metode pembelajaran yang dapat mendorong atau meningkatkan prestasi belajar siswa dan efektivitas pembelajaran adalah metode guided note taking. Metode ni merupakan salah satu solusi untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam berkonsentrasi saat guru menjelaskan pelajaran, Dalam proses metode guided note taking, peserta didik termotivasi untuk aktif dalam kosentrasi mendengarkan dan menulis point – point yang penting yang ada di lembaran materi yang telah diberikan oleh pendidik, sehingga peserta didik lebih cepat dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dirasa perlu bagi peneliti untuk melakukan penelitian yang berjudul “ Hubungan penerapan metode Guied Note Taking dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII Smp Islam Duduksampeyan Gresik.” Dengan beberapa rumusan masalah yang dianggap penting untuk diidentifikasi yaitu tentang Bagaimana penerapan metode guided note taking pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII SMP ISLAM DUDUKSAMPEYAN Gresik dan mengenai Adakah hubungan penerapan metode guided note taking dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII SMP ISLAM DUDUKSAMPEYAN Gresik
Untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Maka hal ini sesuai dengan hasil analisis, dengan hasil analisis data statistik “rxy” product moment yang di peroleh sebesar 0,53 dan jika di konsultasikan dengan “rxy” pada tabel yang di tawarkan riduwan pada taraf signifikasi 1 % di peroleh “rxy” pada tabel = 0,496 sedangkan pada taraf signifakasi 5% di peroleh “rxy” pada tabel= 0,388, maka penulis mengkonsultasikan nilai r xy, yaitu berada pada kisaran nilai 0,40-0,59 yang tergolong cukup kuat. Hal ini terdapat pengaruh yang cukup kuat terhadap hubungan antara kedua variabel.
Untuk itu bagi seorang guru mampu menerapkan metode guided note taking dengan baik sehingga akan dapat memberikan motivasi belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Smp Islam Duduksampeyan Gresik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutiyono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusnawati, MasyitoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Guided Note Taking; Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Apr 2015 08:45
Last Modified: 06 Apr 2015 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item