REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA MTS DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Afif Nur (2017) REPRESENTASI EKSTERNAL SISWA MTS DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum pengajaran matematika adalah kemampuan memecahkan masalah. Proses pemecahan masalah yang sukses bergantung pada ketrampilan merepresentasi masalah. Representasi dibagi menjadi representasi internal dan eksternal. Representasi eksternal merupakan hasil perwujudan untuk menggambarkan segala yang dikerjakan seseorang secara internal. Representasi memiliki kaitan dengan tipe kepribadian, secara tidak langsung tipe kepribadian memiliki pengaruh terhadap representasi eksternal siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi eksternal siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, idealist agar nantinya dapat menjadi pertimbangan untuk bagaimana mengembangkan representasi eksternal siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa yang terdiri dari dua siswa dengan tipe kepribadian guardian, dua siswa dengan tipe kepribadian artisan, dua siswa dengan tipe kepribadian rational, dan dua siswa dengan tipe kepribadian idealist yang diambil dari kelas IX MTs Ma’arif Mojokerto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes tertulis dan wawancara. Data tersebut selanjutnya dianalisis sesuai dengan indikator tiap-tiap representasi.Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa representasi eksternal siswa tipe guardian adalah representasi persamaan. Siswa tipe artisan, representasi eksternalnya adalah gambar. Siswa tipe rational, pepresentasi eksternalnya adalah persamaan dan tipe idealist representasi eksternalnya adalah multi representasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Afif Nurafifaizah19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Faizah Afif Nur
Date Deposited: 21 Feb 2017 03:20
Last Modified: 21 Feb 2017 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item