EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING TYPE OPEN ENDED PROBLEMS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Laili Saffaanatul (2017) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING TYPE OPEN ENDED PROBLEMS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas implementasi model pembelajaran questioning type open ended problems dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Sidoarjo dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran questioning type open ended problems pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Sidoarjo?, (2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa ketika diterapkannya model pembelajaran questioning type open ended problems dengan sebelum diterapkannya model pembelajaran questioning type open ended problems?, (3) Bagaimana efektivitas implementasi model pembelajaran questioning type open ended problems dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs NU Sidoarjo?. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang pada proses pengumpulan datanya menggunakan metode tes, angket, dan dokumentasi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design. Kemudian data di analisis dengan mengguanakan rumus statistik prosentase, distribusi frekuensi, dan analisis uji-t dua sampel berpasangan dengan menggunakan SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran questioning type open ended problems efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa yang pada kondisi awal 61.0500 dan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran questioning type open ended problems skor kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 76.8167 yang artinya terjadi peningkatan sebesar 15.7667. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis uji-t dua sampel berpasangan. Berdasarkan perhituangan t dengan taraf signifikan 5% dengan (dk)= 60-1 =59 diperoleh diperoleh thitung sebesar 8.693 sedangkan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% dengan (dk)= 60-1 = 59 diperoleh ttabel sebesar 2000. Harga thitung lebih besar dari ttabel (8.693 > 2.000) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran questioning type open ended problems efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Laili Saffaanatullailisafa9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran Questioning Type Open Ended Problems; Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fithriyah Laili Saffaanatul
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:36
Last Modified: 24 Feb 2017 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item