PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MATERI HADITS TENTANG SILATURRAHIM MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BINA BANGSA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laila, Umi (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MATERI HADITS TENTANG SILATURRAHIM MELALUI STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI BINA BANGSA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya menunjukkan kegiatan pembelajaran yang belum maksimal. Siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits cenderung kurang aktiv, hal ini dikarenakan ketika proses belajar mengajar guru masih menggunakan cara yang konvensional dan cenderung monoton, adapun cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui penerapan strategi Index Card Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam rangka meningkatkan pemahaman materi hadits tentang silaturrahmi pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya?; 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi hadits tentang silaturrahmi setelah menggunakan strategi Index Card Match pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya?; Tujuan dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah diatas, melalaui strategi index card match diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya.Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian kurt lewin, terdiari dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah 27 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan penilaian tes tertulis.Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagi berikut: 1) dalam penerapan strategi index card match terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai prosentase 75 %, sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai prosentase 87,5 %. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai prosentase 72,5%, sedangkan pada siklus II mencapai prosentase 90%; 2) terdapat peningkatan pemhaman siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I prosentase hasil belajar sebesar 62,96%. Dengan adanya kekurangan pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan-perbaikan yang diterapkan pada siklus II. Pada siklus II prosentase pemahaman meningkat menjadi 85,18 %, sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laila, Umiumilaiila@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Laila Umi
Date Deposited: 24 Feb 2017 03:32
Last Modified: 24 Feb 2017 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15570

Actions (login required)

View Item View Item