STRATEGI SCAFFOLDING INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING (IMWR) DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhidah, Nur (2016) STRATEGI SCAFFOLDING INSPIRING-MODELING-WRITING-REPORTING (IMWR) DALAM MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP. PhD thesis, Universitas Negeri Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik belum terimplementasi dengan baik sehingga perlu dikembangkan strategi untuk mempermudah pelaksanaannya dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi scaffolding yang valid, praktis,dan efektif untuk membantu implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep.
Penelitian dilaksanakan dalam dua tahapan yaitu mengembangkan strategi dan tahap ujicoba. Draft strategi dan perangkat pembelajaran selanjutnya divalidasi pakar pada acara focus group discussion. Strategi dan perangkat yang telah memenuhi kriteria validitas selanjutnya dimodelkan oleh peneliti kepada dosen pengajar. Hasil Pemodelan diseminarkan untuk menjaring masukan dari pakar. Hasil Revisinya digunakan untuk ujicoba. Pemodelan dan ujicoba dilaksanakan di Jurusan PGMI UIN Sunan Ampel Surabaya dengan jumlah mahasiswa saat pemodelan sebanyak 12 orang dan 75 orang pada ujicoba. Mahasiswa diberi pretest sebelum pembelajaran dengan strategi IMWR dan diberi posttest setelah pembelajaran dengan soal sama. Selama pembelajaran dilakukan observasi keterlaksanaan strategi scaffolding, aktivitas mahasiswa, dan kendala yang muncul. Pada akhir pembelajaran mahasiswa diminta mengisi angket untuk mengetahui responnya terhadap penggunaan strategi scaffolding IMWR pada pendekatan saintifik. Analisis data dilakukan untuk menentukan n-gain yang diperoleh berdasarkan nilai pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding IMWR yang mempunyai 4 langkah yaitu inspiring-modeling-writing-reporting bersifat valid.
Semua langkah strategi dapat digunakan untuk membantu menerapkan pendekatan saintifik dan terlaksana dalam proses pembelajaran sehingga bersifat praktis. Penerapan strategi ini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep dengan n-gain kategori sedang sehingga efektif digunakan dalam pembelajaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhidah, Nurnurwe@rocketmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Scaffolding IMWR; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Proses Sains; Penguasaan Konsep
Divisions: Program Doktor > Program Umum
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2017 04:24
Last Modified: 23 Aug 2017 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/15748

Actions (login required)

View Item View Item