Konsep pendidikan anak usia 6-12 tahun menurut Abdullah Nashih Ulwan dan implementasinya di SD Negeri Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rufah, Umi Nur (2017) Konsep pendidikan anak usia 6-12 tahun menurut Abdullah Nashih Ulwan dan implementasinya di SD Negeri Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia dilahirkan dalam keadaan fitrah. Untuk memelihara fitrah tersebut, manusia harus mengetahui nilai baik dan buruknya sesuatu yang didapatkan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran atau pendewasaan anak sehingga otak dan pemikirannya berkembang. Untuk itu, pendidikan menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Namun dewasa ini, walaupun sebagian besar anak- anak mengenyam pendidikan baik di sekolah maupun di masyarakat, seringkali kejadian- kejadian buruk tetap terjadi seperti tawuran, narkoba, perzinaan dan sebagainya. Itu terjadi dikarenakan nilai moral yang rendah dan pemahaman agama yang dangkal. Oleh karena itu pendidikan agama juga dinilai sangat penting untuk menjadikan akhlak seseorang menjadi lebih baik. Karena agama adalah sebuah pedoman dalam perjalanan hidup di dunia. Akan tetapi untuk menerapkan nilai- nilai pendidikan agama tersebut memerlukan konsep dan cara tepat agar dapat terserap degan baik. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana konsep pendidikan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan? Kemudian bagaimana implementasinya di SD Negeri Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo? Abdullah Nashih Ulwan membuat konsep pendidikan anak berdasarkan materi dan metode. Materi yang perlu diajarkan di antaranya: pendidikan iman, moral, fisik, rasio, sosial, kejiwaan dan seksual. Kemudian metode pendidikan yang diterapkan di antaranya adalah pendidikan dengan keteladanan dan kebiasaan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yaitu mengumpulkan data yang terdapat dalam buku- buku di perpustakaan dan wawancara. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan dalam penyajian datanya menggunakan metode deskriptif. Implementasi konsep pendidikan anak usia 6-12 tahun tidak dapat dilakuka secara instan, melainkan perlu proses yang berkesinambungan, terus- menerus, sabar dan telaten. Selain itu juga dibutuhkan adanya metode dan materi yang efektif serta efisien. Dalam upaya mengimplementasikan konsep pendidikan anak usia dasar di SDN Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo sudah sesuai dengan pendapat Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya “Tarbiyatul Aulad fil al-islam”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rufah, Umi Nurumi22.arifin19@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ma'rufah Umi Nur
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:52
Last Modified: 28 Apr 2017 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item