Tahlil al akhtha' an nahwiyyah fi al buhuts al jami'iyyah fi shu'bati ta'limi al lugghah al arabiyyah bi kulliyyati tarbiyyah bi jami'ah Sunan Ampel al islamiyyah al hukumiyyah Surabaya - namudzajan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarqawi, Abdullah (2017) Tahlil al akhtha' an nahwiyyah fi al buhuts al jami'iyyah fi shu'bati ta'limi al lugghah al arabiyyah bi kulliyyati tarbiyyah bi jami'ah Sunan Ampel al islamiyyah al hukumiyyah Surabaya - namudzajan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Terpilihnya judul tersebut dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan menulis mahasiswa dalam penulisan skripsi. Di antara problem-problem yang timbul dalam benak mahasiswa beraneka. Oleh Karena itu, peneliti menganalisis sampel skripsi untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya.Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Apa saja kesalahan-kesalahan nahwu dalam skripsi tersebut ? 2. Apa saja pembenaran pada kesalahan-kesalahan tersebut ? 3. Apa tafsir kesalahan-kesalahan tersebut ?. populasi penelitiannya adalah skripsi milik alumni tahun 2015 dan 2016 (148 skripsi). Adapun sampel yang diambil adalah 37 skripsi (25%).Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, yaitu prosentase. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis ini menunjukkan bahwa na’at menjadi kesalahan paling banyak yang mana prosentase kesalahannya mencapai 90 kesalahan, idlofah 46 kesalahan, al-jumlah al-fi’liyyah 20 kesalahan, al dloma’ir 16 kesalahan, isim maushul 9 kesalahan dan isim isharah terdapat 6 kesalahan yang semuanya diikuti oleh pembenaran yang ada di dalam tabel. Adapun tafsir kesalahannya terdapat 6 macam, yaitu : Agaknya peneliti terpengaruh oleh struktur bahasa ibu, agaknya peneliti tidak mengetahui cakupan kaidah yang telah ditetapkan, agaknya peneliti berlebihan dalam menggeneralkan kaidah, agaknya peneliti salah dalam mempraktekkan kaidah, agaknya peneliti tergesa-gesa dalam menyusun kalimat dan penulisan, dan agaknya peneliti tidak menguasai kaidah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarqawi, AbdullahAbdashauri@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Tata bahasa; Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syarqawi Abdullah
Date Deposited: 02 May 2017 05:42
Last Modified: 02 May 2017 05:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item