Efektivitas pembiasaan Shalat Dhuha dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafiq, Muchammad Ubaidillah (2017) Efektivitas pembiasaan Shalat Dhuha dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keprihatinan penulis terhadap siswa-siswi SMP, keadaan tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran disiplin disekolah. Peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 sidoarjo yang masih berusia 12 sampai 14 tahun yang termasuk tipe dalam remaja, yang mana masa penuh dengan gejolak karena perkembangan biologisnya sangat begitu cepat bahkan massa ini disebut masa yang sangat rentan terhadap pergaulan remaja. Pada masaa ini kebanyakan seorang anak sekarang sudah terpengaruhi lingkungan, perkembangan teknologi dan budaya sehingga remaja sekarang berprilaku menyimpang. Akibatnya kebanyakan remaja pada saat belajar disekolah sekarang kurang disiplin sering sekali terjadi, salah satunya yaitu membolos ini malah menjadi rutinitas disebagian efektif sekolah. Bukan hanya membolos saja ada yang terlambat sekolah, berkelahi, masalah pakaiaan, merusak, masalah sampah. Untuk mencegah maraknya penyimpangan yang dilakukan oleh siswa perlu adanya kegiatan yang dapat membatasi gerak mereka untuk melakukan hal-hal yang negatf. Salah satu kegiatan tersebut adalah shalat dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji efektivitas pembiasaan shalat dhuha dalam pemebentukan disiplin peserta didik di SMP Muhammadiayah 1 Sidoarjo. Berdasarkan tingkat eksplanasi maka penelitian ini termasuk penelitian komparatif, yaitu penelitian yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua variabel atau lebih sampel yang berbeda, atau waktu yang berbeda. Dan menurut jenis datanya, penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Adapun skala pengukurannya menggunakan skala Likert, paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma sederhana dimana penelitian ini terdiri dari dua variabel dependent dan dua variabel independent jadi untuk membandingkan antara dengan Digunakan teknik Uji Test Independent. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya adalah 15% dari jumlah keseluruhan peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 42 peserta didik. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Test Independent yang yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% untuk memberikan interpretasi bahwa hipotesisi alternatif diterima atau ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keefetifan yang positif dan signifikan pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafiq, Muchammad Ubaidillahubaidsyafiq@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Disiplin Sekolah
Salat > Salat Dhuha
Keywords: Pembiasaan Shalat Dhuha; disiplin peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syafiq Muchammad Ubaidillah
Date Deposited: 28 Apr 2017 08:41
Last Modified: 24 Aug 2017 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16410

Actions (login required)

View Item View Item