Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Rosyidatul (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Teknik Skimming Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan membaca cepat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo. Dari 25 siswa hanya 44 % siswa yang mencapai ketuntasan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan teknik pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Untuk meningkatkan keterampilan membaca tersebut, peneliti menggunakan teknik Skimming.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan teknik Skimming dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo dengan menggunakan teknik Skimming.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK Kurt Lewin. Subyek penelitian ini terdiri 25 siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo. Tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru kelas V pelajaran Bahasa Indonesia, wawancara guru dan siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan, non tes, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik Skimming dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo, dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa dan aktifitas guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I skor aktifitas siswa adalah 44 dengan prosentase 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 59 dengan prosentase 86,76%. Pada siklus I skor aktifitas guru adalah 63 dengan prosentase 78%.Pada siklus II skor aktifitas guru meningkat menjadi 71 dengan prosentase 88,75%. 2) peningkatan keterampilan membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Asasul Huda Randegan Tanggulangin Sidoarjo dengan menggunakan teknik Skimming meningkat. Hal ini dapat dibuktikan ketika siklus I rata-rata nilai siswa adalah 65,12 dengan prosentase 44%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84,4 dengan prosentase 88%. Pada siklus I hanya 11 siswa dari 25 siswa yang tuntas, sedangkan pada siklus II 22 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang belum tuntas.
Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Teknik Skimming

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, RosyidatulRosyidafitriyah06@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Peningkatan Keterampilan; Teknik Skimming
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitriyah Rosyidatul
Date Deposited: 02 May 2017 04:11
Last Modified: 02 May 2017 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16426

Actions (login required)

View Item View Item