Implementasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dalam upaya penguatan manajemen pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Surabaya 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahab, Abdul (2017) Implementasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dalam upaya penguatan manajemen pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri Surabaya 1. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah mengenai 2 hal, yaitu prosedur implementasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang dilakukan oleh MTs Negeri Surabaya 1 dan penguatan manajemen pendidikan melalui Evaluasi Diri Madrasah di MTs Negeri Surabaya 1.Subyek penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Surabaya 1, penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian dengan pendekatan kualitatif fenomologis. Untuk mengumpulkan data yang dipakai dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu wawancara (dengan beberapa pihak stakeholders MTs Negeri Surabaya 1), dokumentasi (arsip pelaksanaan evaluasi diri madrasah dan standar pendidikan) dan observasi (kegiatan pembelajaran di kelas). Sedangkan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan, peneliti memakai teknik analisis data penelitian kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu dengan tiga tahapan analisa: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi atau penarikan kesimpulan (conclusion drawing and verification).Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa implementasi Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di MTs Negeri Surabaya 1 dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu: pembentukan Tim Pengembang Madrasah (TPM), pengisian Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM), presentasi hasil kerja Tim Pengembang Madrasah (TPM), dan penarikan kesimpulan dari presentasi Tim Pengembang Madrasah. Sedangkan penguatan manajemen malalui Evaluasi Diri Madrasah terhadap kinerja pendidikan MTs Negeri Surabaya 1 tergolong baik karena hasil Evaluasi Diri Madrasah di pakai dalam penguatan perencanaan penyusunan perencanaan program madrasah, pelaksanaan kerja madrasah, dan pengelolaan sistem informasi. Dan hampir sebagian besar dari komponen/indikator standar telah memenuhi SNP.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahab, AbdulAbdulwaap94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Evaluasi diri; madrasah; penguatan; manajemen pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahab Abdul
Date Deposited: 02 May 2017 02:19
Last Modified: 25 Aug 2017 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16449

Actions (login required)

View Item View Item