Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran IPA melalui strategi practice rehearsal pairs siswa kelas IV MI Al-Ihsan Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Anita (2017) Peningkatan pemahaman materi gaya mata pelajaran IPA melalui strategi practice rehearsal pairs siswa kelas IV MI Al-Ihsan Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah problem yang dialami siswa ialah kurangnya pemahaman materi gaya karena banyak guru sering menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan rendahnya siswa dalam menjelaskan materi gayadan mengidentifikasi serta mempraktekkan materi gaya mengubah gerak benda danbentuk benda pada pemahaman siswa dalam memahami konsep IPA.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs pada materiGaya IPA siswa kelas IV MI AL-Ihsan Gedangan Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi Strategi Practice Rehearsal Pairs pada materiGaya IPA siswa kelas IV MI AL-IhsanGedangan Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin yang satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan StrategipembelajaranPractice Rehearsal Pairs.Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan StrategipembelajaranPractice Rehearsal Pairs selama proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materigaya telah berlangsung dengan baik sesuai dengan langkah-langkah yang direncanakan. Dapat dilihat dari nilai aktifitas siswa pada siklus I sebesar 73,80 dan naik pada siklus II menjadi 88,09. Penggunaan Strategi Practice Rehearsal Pairs untuk meningkatkan pemahaman materi berjalan dengan baik.. (2) Peningkatan pemahaman pada kemampuan belajar yang memuaskan karena dari pra siklus yang hanya mendapatkan nilai rata-rata 60,15( cukup )dengan persentase ketuntasan 36,20%, hasil ini meningkat dengan diadakannya penelitian dengan nilai rata-rata yang diperoleh 72,46 ( Baik )dengan persentase ketuntasan mencapai 56,25% pada siklus I dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 87,09 ( SangatBaik )dengan persentase ketuntasan mencapai 87,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Anitaanitaagustin8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi practice rehearsal pairs; Pemahaman materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Agustin Anita
Date Deposited: 03 May 2017 04:45
Last Modified: 03 May 2017 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16733

Actions (login required)

View Item View Item