Pengaruh pengajian kitab Ta'limul Muta'allim dalam pembentukan akhlak santri putri pada guru di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiroh, Fadhilatul (2017) Pengaruh pengajian kitab Ta'limul Muta'allim dalam pembentukan akhlak santri putri pada guru di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Kitab Ta’limul Muta’alim adalah salah satu kitab yang mengajarkan tentang tata cara menjadi seorang santri atau murid yang berakhlak baik sesuai dengan ajaran Islam. Namun pada realitanya dalam kehidupan modern ini, khusunya di daerah Surabaya yang notabenenya adalah salah satu kota besar, nilai-nilai yang diajarkan dalam kitab Ta’limul Muta’alim mulai tergeser. Tidak semua santri yang belajar kitab Ta’limul Muta’allim dapat mengamalkan atau melaksanakan tata cara menjadi seorang santri atau murid yang berakhlak baik. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tentang Pengaruh Pengajian Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Pembentukan Akhlak Santri Putri Di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah tentang Bagaimana pelaksanaan pengajian ta’limul muta’alim di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya, Bagaimana akhlak santri putri pada guru di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya, dan Bagaimana pengaruh pengajian kitab Ta’limul Muta’alim dalam membentuk akhlak santri putri pada guru di Pondok Pesantren Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya. Jenis penilitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji signifikasi, dimana penilitian ini bertujuan untuk memprediksi sejauh mana variabel x mempengaruhi variabel y. Sedangkan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumentasi, dan 4) Angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengajian kitab Ta’limul Muta’allim cukup baik dalam sisi teknis pelaksanaannya dan baik dalam pembentukan akhlak santri putri pada guru. Hasil angket menunjukkan bahwa pengajian kitab Ta’limul Muta’allim sebesar 59% dan akhlak santri putri pada guru sebesar 78%. Hasil lain menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengajian kitab Ta’limul Muta’allim dengan akhlak santri putri pada guru. Dari korelasi variabel pengajian kitab Ta’limul Muta’allim dengan akhlak santri putri pada guru diperoleh 96,4% dan sisanya sebesar 2,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya, seperti faktor intern dan ekstern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiroh, Fadhilatulfadhilahmaghfiroh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Pengajian kitab Ta’limul Muta’allim; akhlak santri putri pada guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Magfiroh Fadhilatul
Date Deposited: 03 May 2017 07:46
Last Modified: 23 Aug 2017 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item