Bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan rasional emotif dalam menangani konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainuddin, Imam Baihaqi (2012) Bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan rasional emotif dalam menangani konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk memotivasi siswa yang mengalami permasalahan konsep diri rendah. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: Bagaimanakah faktor- fator terjadinya konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri, bagaimana proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Isla dengan pendekatan rasional emotif dalam menangani konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri, dan bagaimana hasil dari pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan pendekatan rasional emotif dalam menangani konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri. Dalam mengungkap permasalahan ini penulis menggunakan metode kualitatif dan menggunakan teknik analisa deskriptif. SEdangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang ada di SMP Negeri 1 Pagu. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor- faktor terjadinya konsep diri rendah seorang siswa di SMP Negeri 1 Pagu Kabupaten Kediri yaitu kesulitan dalam bergaul di sekolah, kurangnya pantauan dan perhatian, gampang terpengaruh, bosan dan suka malas- malasan. Dalam penelitian ini proses konseling yang terjadi menggunakan terapi Rasional Emotive dengan teknik nondirektif yaitu wawancara, pengkomunikasian dan pengungkapan. Dalam terapi ini diharapkan klien tidak menjadi korban pengkondisian awal, mempunyai tanggungjawab terhadap status pelajarnya untuk masa depan yang cerah. Setelah dianalisis data dikategorikan berhasil dengan prosentasi 75% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari perubahan sikap yang semakin bertanggungjawab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainuddin, Imam BaihaqiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Pendekatan rasional emotif; Konsep diri rendah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:08
Last Modified: 06 Jun 2017 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17143

Actions (login required)

View Item View Item