Kitab Tadabbur al Quran karya Bachtiar Nasir dalam perspektif epistemologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosy, Fathor (2017) Kitab Tadabbur al Quran karya Bachtiar Nasir dalam perspektif epistemologi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengkaji epistemologi kitab tadabbur al-Qur’an karya Bahctiar Nasir. Kitab tadabbur al-Qur’an ini bisa katakan sebagai satu-satunya karya Ulama Indonesia. Kitab tadabbur al-Qur’an secara an sich hampir jarang ditemui dalam karya-karya Ulama dan pakar al-Qur’an baik klasik maupun modern, para ulama lebih sering menggunakan istilah kata tafsir, padahal yang banyak ditemukan dalam teks al-Qur’an adalah perintah untuk mentadabburi bukan menafsirkan.Dari deskripsi singkat diatas, penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian terhadap kitab tadabbur al-Qur’an karya Bahctiar Nasir dari sudut epistemologi, yang dalam hal ini akan dirumuskan ke dalam dua pertanyaan, yakni: 1) Bagaimana konsep tadabbur al-Qur’an karya Bachtiar Nasir ?, 2) Bagaimana epistemologi penafsiran Bachtiar Nasir dalam kitab tadabbur al-Qur’an. Penelitian dalam tesis ini adalah penelitian kepustakan (library research) dan Penelitian Lapangan (field research) dengan metode deskriptis-analitis untuk mengungkap epistemologi kitab tadabbur al-Qur’an karya Bachtiar Nasir. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: pertama, konsep tadabbur al-Qur’an karya Bachtiar Nasir tidak jauh beda dengan kitab-kitab tafsir pada umumnya, yang membedakan hanyalah penambahan renungan atau tadabbur disetiap akhir penafsiran ayat. Kitab tadabbur al-Qur’an ini apabila mengacu kepada 10 langkah konsep tadabbur belum bisa dikategorikan sebagai kitab tadabbur al-Qur’an karena baik dari konten maupun sistematika penulisannya tidak jauh beda dengan tafsir-tafsir lainnya. Kedua, Epistemologi penafsiran Bachtiar Nasir dalam kitab tadabbur al-qur’an jika dilihat dari sumber penafsiran Bachtiar Nasir menggunakan bentuk al-matsur (riwayat). Bachtiar Nasir menafsiri ayat-ayat al-Qur’an merujuk kepada tafsir jalalain, tafsir al-Qur’an dengan al-Qur’an, al-Qur’an dengan Sunnah. Cara penjelasan yang digunakan dalam kitab ini adalah metode ijmali (global). Jika dilihat dari segi sasaran dan tertib,Bachtiar Nasir menafsirkan al-Qur’an ayat per ayat yang diawali tafsir surat al-Fatihah, al-Baqarah sampai al-Nas sesuai al-tartib al-mushafi. Namun demikian, dalam setiap pembahasan beliau seakan menafsirkan satu tema tertentu yang diangkat dari pemahaman beliau pada ayat tertentu. Maka secara substansi tafsir ini juga cenderung menggunakan metode semi tematik atau al-tafsir al-maudu’i. Sedangkan corak penafsiran yang menjadi kecendrungan dan mewarnai dalam kitab Tadabbur al-Qur’a¬n ini yaitu ijtima’i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosy, Fathorme.fathur@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Kitab Tadabbur al Quran; perspektif epistemologi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: ROSY Fathor
Date Deposited: 03 Aug 2017 06:50
Last Modified: 04 Aug 2017 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/17854

Actions (login required)

View Item View Item